OPINI

Bahan Temu Iman Anak Misioner 2009

HARI MINGGU PANGGILAN SEDUNIA KE-46
3 MEI 2009

BAHAN TEMU BINA IMAN ANAK MISIONER

***

Tema :
MENJADI GEMBALA  BAGI SESAMA

(HARI MINGGU PASKAH  IV)

PEMBUKAAN

•1.      Lagu Pembukaan : Hymne Sekami (Hatiku Penuh Nyanyian/HPN  No. 166)

•2.      Sapaan Awal :

Hallo Adik-adik…Apa khabar?  Wow, semuanya  tampak gembira, seyum, bahagia.  Pada Hari  Minggu Paskah ke-4 ini, kita merayakan  Minggu Doa  Panggilan se-Dunia.  Nah, kita mesti berdoa  mohon  panggilan khusus  untuk  menjadi imam, bruder,  frater, suster,   dan  misionaris

Kita sebut juga Minggu Doa  Panggilan ini sebagai Minggu  Gembala Baik. Bacaan-bacaan Kitab Suci pada hari Minggu ini  bercerita tentang  gembala  yang baik.  Maka tema  pertemuan kita kali ini  ialah  “Menjadi Gembala Bagi Sesama.”    Siapa  mau menjadi  gembala  yang baik bagi   teman-teman? (angkat tangan)

Ye……luar  biasa.    Semuanya   mau menjadi gembala bagi  sesama.

Mari  kita siapkan   hati, tenangkan pikiran  untuk berdoa  : …..

•3.      Doa Pembuka

Tanda Salib…..

Tuhan Yesus, Gembala  baik,  terima kasih atas cinta-Mu kepada kami. Terangilah hati dan budi  kami dengan Roh-Mu, agar kami  dapat  mendengarkan Sabda-Mu pada pertemuan ini.   Semoga kami  mampu  menjadi gembala yang  baik  bagi sesama kami.   Nama-Mu, kami   puji , kini dan sepanjang masa.   Amin.

PENDALAMAN  MATERI

1.  Permainan

•Ø      Pendamping (tim) mengajak para peserta/anak-anak ke tempat/jalan yang telah ditentukan. Tempat/jalan tersebut hendaknya tidak rata, misalnya naik/turun tangga, melompati pagar, atau masuk terowongan. Jalan inilah yang harus dilalui oleh masing-masing domba, sementara yang menjadi gembala harus menjaga dombanya agar tidak tersesat, jatuh dan cedera.

•Ø      Pendamping menyiapkan anak-anak untuk mencari pasangan, berdua-dua. Satu menjadi gembala dan satunya menjadi domba.

•Ø      Domba matanya ditutup dengan selembar kain, sedangkan tugas gembala menyertai dan menjaganya. Gembala dapat membisikan pada domba, jika ada bahaya di depannya, atau menuntunnya agar tidak jatuh. Gembala  harus menjamin keselamatan dombanya agar tiba  di  tempat   tujuan dengan selamat.

2. Refleksi  Permainan

•a.      Bagaimana perasaan Anda sebagai domba yang harus melewati rintangan?

•b.      Apakah Anda sebagai domba percaya bahwa gembala  akan menjaga, dan

melindungi Anda dengan baik?

•c.       Bagaimamana perasaan Anda sebagai gembala, ketika Anda melihat domba Anda berjalan sampai tujuan dengan selamat?

•d.      Apa yang  Anda dapat pelajari  dari permainan  tadi?

  3. Lagu : Tuhan  Engkau Gembala Kami (HPN  No.385).

  4. Pembacaan   Injil : Yoh 10 : 11 – 18

        Dibaca secara berganti-ganti antara anak putra dan putri.

“Gembala yang baik mengorbankan hidupnya bagi domba-dombanya”

Yoh 10 : 11-18

11. Pada suatu ketika Yesus bersabda, “Aku ini gembala yang baik. Gembala

      yang  baik  mengorbankan hidupnya bagi domba-dombanya,

12. sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba- domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-   beraikan domba- domba itu.

13.  Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan doma-domba itu.

14. Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-  domba-Ku mengenal Aku

15. sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku

      memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.

16. Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba  itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

17. Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk

      menerimanya kembali.

18. Tidak seorang pun mengambilnya daripada-Ku sendiri. Aku berkuasa

      memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang

      Kuterima dari Bapa-Ku.”

     5. Tanya Jawab :

•a.      Siapakah yang disebut sebagai GembalaBaik  dalam Injil Yoh 10:11-18? (Yesus)

•b.      Siapakah yang dimaksud dengan domba-doma? (Kita umat-Nya)

•c.       Apa sifat-sifat gembala yang baik ? (Mengenal domba-dombanya dengan baik; mau mengorbankan hidupnya bagi domba-dombanya; memelihara domba-dombanya dan menjamin keselamatan domba-dombanya).

6. Peneguhan :

Adik-adik  yang baik

Sabda  Tuhan hari  ini  tentang  gembala  yang baik.  Gembala yang baik mengenal domba-dombanya. Ia menjaga, memperhatikan dan tidak membiarkan dombanya tersesat,  dan  hilang.  Gembala berani mengorbankan dirinya demi hidup domba-dombanya. Ia mencintai semua domba-dombanya. Begitu pula domba-dombanya mengenal gembalanya. Domba-domba  itu  mendengarkan dan mengenal suara  gembalanya.

Yesus adalah Gembala yang baik.   Yesus mengorbankan diri-Nya, rela mati   di kayu salib untuk keselamatan domba-domba-Nya. Kitalah domba-domba-Nya itu. Kita harus  berani berkorban   seperti  Yesus, Gembala Agung  kita.

Kita dipanggil dan diutus Yesus  untuk menjadi gembala  baik  bagi sesama kita. Mari kita  mengajak  teman-teman  untuk rajin  berdoa dan mengikuti  kegiatan bina  iman.  Kita  menasihai  teman-teman  supaya  tidak   bermain  di jalan-jalan.   Kita  memberi makan dan minum  kepada  teman-teman yang  lapar dan haus.

Kita   memberi  kamar  kita  untuk teman-teman yang  tidak  punya  rumah.

Kita  memberi  pakaian  kepada  teman-teman  yang tidak  punya  baju, supaya tidak sakit.  Kita  menjaga teman-teman  supaya  tidak terlibat  dalam narkoba,  perkelahian dan  pelecehan badan.

Kita  mengantar  teman  ke  Gereja  untuk  berdoa dan merayakan  ekaristi suci,  serta  rajin  mengikuti  kegiatan  Bina Iman.

Ya, adik-adik.  Siapa  yang  rela  menolong sesama  yang sesat, dia  pantas disebut  menjadi  gembala  yang baik  bagi kawan-kawannya.  Kamu  semua pasti bisa!

Kita  berbangga  menjadi  gembala  yang baik  bagi  teman-teman.

Tuhan  Yesus  selalu  menolong  kita.

PERAYAAN IMAN

1. Doa  Tuhanlah  Gembalaku : mendoakan bersama-sama Mazmur 23

2. Doa Permohonan

Diberikan pada  4 orang anak  berdoa secara spontan.  Ajak anak-anak  untuk  tahu  berterima   kasih kepada Tuhan  karena diutus  menjadi gembala bagi sesama dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Doa   Bapa Kami, Salam Maria dan Kemuliaan

4. Derma :  diringi  lagu  Aku Datang Pada-Mu HPN 37  atau  sebuah lagi yang cocok.

PENUTUP

Tugas  Perutusan 

Setiap anak diminta   untuk :

•v      mengajak  seorang teman  baru  untuk ikut Bina Iman,

•v      menghibur  teman  yang susah  dan  sakit.

Doa Penutup

Tuhan  Yesus, terima kasih, atas teladan-Mu. Engkau adalah Gembala yang Baik  bagi kami, rasul-rasul  cilik-Mu. Bantulah kami, agar kamipun dapat menjadi gembala bagi sesama, khususnya bagi teman-teman kami  yang susah, miskin dan  menderita. Engkaulah, Tuhan  dan  Pengantara kami,  kini dan sepanjang masa.  Amin.

Pengumuman

  1. Tanda Salib (gaya Sekami)
  2. Lagu Penutup :  Tuhan adalah Gembalaku (HPN   No. 114). 

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close