OPINI

Perayaan Ekaristi pada Hari Komunikasi Sedunia ke-44

Perayaan Ekaristi
Perayaan Ekaristi

16 Mei 2010 “Imam dan Pelayanan Pastoral di Dunia Digital :
Media Baru demi Pelayanan Sabda”
 

Komentar Pembuka

Saudara/i, umat Allah terkasih. Pada hari ini Gereja Katolik merayakan Hari Komunikasi Sosial Sedunia yang ke-44. Tema yang diberikan oleh Bapa Suci Benediktus XVI kepada kita untuk direfleksikan adalah ‘Imam dan Pelayanan Pastoral di Dunia Digital:  Media Baru demi Pelayanan Sabda’. Suatu tema yang cocok dengan perayaan tahun imam yang kita rayakan sepanjang tahun ini. Kita menyadari bahwa, alat-alat komunikasi modern merupakan anugrah Allah sendiri. Akan tetapi anugrah itu hanya akan membantu kita sejauh kita menggunakannya secara bertanggungjawab dan dengan tujuan untuk  pewartaan Kabar Gembira Allah kepada semua orang. Marilah kita berdoa agar bersama para imam, kita dapat mewartakan kabar gembira dengan penuh tanggungjawab melalui  media komunikasi yang dianugerahkan Allah kepada kita.

Lagu Pembuka

Tuhan Kasihanilah

Gloria

Doa Pembuka

Ya Allah Bapa Kami, Engkau sendiri telah menciptakan dan menghadirkan semua sarana komunikasi modern di dunia untuk kami gunakan. Berkatilah dan tuntunlah kami, doronglah kami agar kami berani memanfaatkan semua media komunikasi modern yang berada dalam jangkauan kami untuk membangun persekutuan dan kemajuan Nama-Mu seperti yang didambakan oleh Putra-Mu Yesus Kristus dan Penyelamat kami yang hidup dan berkuasa……Amin

Bacaan I        : Kis.7:55-60

Mazmur Tanggapan

Bacaan II       : Why.22:12-14. 16-17.20

Bait Pengantar Injil

Bacaan Injil  : Yoh.17:20-26

Homili             :

(gagasan homili dapat diambil dari pesan Bapa Suci Benediktus XVI untuk hari komunikasi sedunia ke-44)

Catatan:

 

Di akhir homili, hendaknya diberikan penyadaran kepada umat tentang pentingnya kolekte hari komunikasi sosial sedunia untuk pengembangan karya pastoral komunikasi di Keuskupan dan Paroki. Hal itu sungguh-sungguh ditandaskan dalam dekrit Inter Mirifica Konsili Vatikan II: ‘ pada hari komunikasi sosial sedunia, umat beriman diajak menyadari kewajiban-kewajiban mereka di bidang itu, memanjatkan doa-doa baginya dan mengumpulkan dana untuk maksud itu.” (IM.no18)

Aku Percaya

Doa Umat

Imam  :           Saudara-Saudari terkasih, Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-44 Tahun ini mengambil tema: Imam dan Pelayanan Pastoral di di Dunia Digital: Media Baru demi Pelayanan Sabda. Marilah kita dengan penuh harapan menyampaikan doa-doa permohonan kita kepada Bapa Surgawi:

P          :           Bagi para pemimpin gereja
Bapa, dampingilah para pemimpin gereja di Negara kami, agar mereka berani masuk ke dalam dunia komunikasi sosial sebagai gelanggang dimana kabar gembira Yesus Kristus dapat dihidupi dan diwartakan. Marilah kita memohon…

U          :           Semoga kami bersatu dalam komunikasi

P          :           Bagi para pegiat media komunikasi sosial di negara kami
Ya Bapa, dampingilah para produser, presenter media, perancang siaran dan pemilik media komunikasi agar mereka semakin bertanggungjawab dalam menggunakan sarana komunikasi sosial untuk memberitakan kebaikan dan membangun solidaritas. Marilah kita memohon….

U          :           Semoga kami bersatu dalam komunikasi

P          :           Bagi keluarga-keluarga Kristiani di paroki kami
Ya Bapa, semoga keluarga-keluarga Kristiani di Paroki kami Kau lindungi agar mereka mampu melihat dan menyadari risiko  penggunaan media komunikasi yang  bisa membahayakan keutuhan keluarga mereka. Marilah kita memohon….

U          :           Semoga kami bersatu dalam komunikasi

P          :           Bagi para imam kami
Ya Bapa, Dampingilah para imam kami agar mereka menjadi saksi-saksi setia kabar gembira kerajaan Allah dalam pelayanannya melalui media komunikasi modern. Marilah kita memohon….

U          :           Semoga kami bersatu dalam komunikasi

P          :           Bagi kita semua yang mengambil bagian dalam perayaan ini
Ya Bapa, semoga kami lebih bertanggungjawab dalam menggunakan media komunikasi modern yang berada dalam jangkauan kami. Marilah kita memohon…..

U          :           Semoga kami bersatu dalam komunikasi

(Dapat ditambah  doa umat sesuai dengan situasi dan kebutuhan setempat)

I           :           Demikianlah doa-doa permohonan yang kami sampaikan kepada-Mu. Semoga Engkau senantiasa mendengarkan kami… Amin.

Persiapan Persembahan

(Dapat dibuat perarakan bahan persembahan diiringi lagu. Bahan-bahan yang diarak adalah roti dan anggur. Sesuai dengan keadaan setempat dapat dibawa juga sarana komunikasi sosial yang berperan membangun persekutuan dan menciptakan kebaikan).

Doa Persiapan Persembahan:

Imam  :           Bersama dengan persembahan yang kami antar ke altar-Mu,

kami mohon ya Bapa, semoga media komunikasi sosial yang Kau anugerahkan sungguh-sungguh membantu karya pelayanan Sabda yang Engkau percayakan kepada kami. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa…amin.

Doa Syukur Agung

Prefasi dan Kudus

Bapa Kami

Ajakan dan Doa Damai

Lagu Komuni

Doa Sesudah Komuni

Imam  :           Bapa, kami menyampaikan syukur kehadiratMu atas anugerah komunikasi yang berkembang  pesat dalam kehidupan kami. Kami berterima kasih atas semua orang yang menggunakan media baru demi pelayanan Sabda-Mu. Tetapi terutama kami berterima kasih atas sakramen ekaristi yang kami sambut dalam perayaan ini. Dampingilah kami selalu, teristimewa para imam kami, untuk berani menggunakan media komunikasi modern untuk karya pewartaan kabar gembira Kerajaan Allah. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami…Amin

Pengumuman

Berkat Akhir dan Pengutusan

Lagu Penutup

  

  

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Check Also

Close
error: Silakan share link berita ini
Close