KWI

Dasar Komunikasi Kristiani

DASAR komunikasi kristen adalah komunikasi Allah Tritunggal. Sejak Konsili Nicea, Allah dipandang sebagai satu kesatuan relational  (relational unity). Karena itu, komunikasi menjadi hakikat triniter. Allah dalam diriNya adalah komunikasi. Karena itu komunikasi  menjadi prinsip teologi atau (theological concept).

Demikian setidaknya yang terungkap dalam Instruksi Pastoral Communio et Proggresio yang dikeluarkan pada 4 Desember 1963. “Allah tidak hanya berkomunikasi dalam persekutuan triniter tetapi juga berkomunikasi dengan manusia,”ujar Romo Edy Menori dalam workshop bertajuk “Media Sosial Sarana Pewartaan” di Labuan Bajo, Flores, NTT, Rabu (4/6/2014).

Menurut Romo Edy, pewahyuan dan inkarnasi adalah wujud nyata dari komunikasi Allah dengan manusia dan ciptaan lainnya (Ibrani 1:1-3). Sementara inti atau isi dari komunikasi tritunggal adalah komunikasi kasih yang bersumber dari kasih yang kekal seperti yang pernah diungkapkan Kardinal Carlo Maria Martini SJ dalam bukunya berjudul “Communicating Christ to the World”.

“Jadi komunikasi adalah hakikat Allah,”ujar Romo Edy.

Tags

Retno Wulandari

Praktisi di bidang Public Relation, Tim Komsos KWI

Related Articles

3 Comments

  1. Sdr. Leo, terima kasih atas ketertarikan dan keinginan untuk berbagi. Dengan senang hati, kami menerima sumbangan E-book komunikasi. Tentu ini sangat membantu siapa saja yang akan membacanya. Tuhan memberkati.

error: Silakan share link berita ini
Close