HarianJendela Alkitab

Pesta Para Malaikat Agung (Yoh 1:47-51): 29 September 2014

Gereja menyakini dan mengajarkan bahwa ada  nama tiga Malaikat yang adalah utusan utama Allah, yaitu St Mikhael, St Rafael, dan St Gabriel. Mereka disebut Malaikat Agung, karena peran penting mereka dalam rencana Allah. St Mikhael, yang  berarti, “siapa yang seperti Allah”, memimpin bala tentara malaikat yang mencampakkan setan dan para malaikat yang memberontak ke dalam neraka. Oleh karena itu juga Gereja meyakini bahwa St Mikhael akan menolong kita  untuk mengusir setan dan roh-roh jahat.

St Gabriel, yang  berarti, “kekuatan Allah” . Dialah yang diutus Tuhan untuk menyampaikan kabar suka cita kepada Santa Perawan Maria bahwa ia telah dipilih menjadi Bunda Sang Juruselamat (bdk Luk 1:26-38). Dari peranan malaekat Gabriel, kita tahu bahwa Gabriel menjadi utusan Allah untuk menyampaikan kepada manusia berita keselamatan dari Allah. Ia memberi penerangan ilahi kepada manusia sehingga terbukalah budi dan hati manusia untuk memahami dan meyakini kehendak Allah

St Rafael, yang namanya berarti “kesembuhan dari Allah”, menyembuhkan mata Tobit yang buta (bdk Tobit 5). Umat Kristen menghormati malaekat Rafael sebagai tabib  yang diutus Allah untuk menyembuhkan manusia dari penyakit dan menguatkan kelemahan jiwanya serta membebaskan manusia dari perhambaan setan.

Ketiga utusan Tuhan, para Malaikat Agung ini mempunyai tugas perutusannya masing-masing untuk membimbing umat manusia kepada keselamatan. Maka marilah dalam doa-doa dan aktivitas harian, sepatutnyalah kita mengingat  para utusan Allah, para Malaikat Agung ini yang oleh karena kasih-Nya melindungi hidup kita dari malapetaka dan membimbing kita di jalan keselamatan.

Keterangan foto: Tiga malaikar agung, ilustrasi dari padovacultura.padovanet.it

Tags

RD. Edy Prasetya

Imam diosesan (praja) Keuskupan Agung Palembang (KAP), Sumsel; Sekretaris KAP, Ketua Komisi Liturgi dan Kateketik Kitab Suci KAP.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close