KWI

Hari Terakhir Sidang Tahunan 2014 KWI: Tentukan Tema SAGKI 2015

Hari terakhir Sidang Tahunan 2014 KWI yang dihadiri oleh semua Uskup dari seluruh Indonesia membahas sejumlah tema penting. Salah satu sesi yang minta perhatian serius para Bapa Uskup adalah menentukan tema Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) yang secara rutin dilaksanakan setiap kurun waktu lima tahun sekali.

Tema SAGKI usulan para Bapak Uskup sebaiknya mengikuti ‘program’ Gereja Katolik Universal tahun yang relevan. Tahun 2015 mendatang, Gereja Katolik akan melaksanakan sinode khusus tentang keluarga pada bulan Oktober 2015 dan mengangkat tema: Panggilan dan Misi Keluarga dalam Gereja dan Dunia Kontemporer.

Menurut para Uskup, tema sinode ini dianggap relevan menjadi dasar bagi peserta sidang untuk kemudian bisa menentukan tema yang cocok bagi SAGKI tahun depan.

Sejarah SAGKI dari tahun 1995 sampai 2010 selalu bicara tema-tema khusus  yang menjawabi kebutuhan Gereja Katolik Indonesia. Tema SAGKI tahun 1995 berefleksi tentang Umat Katolik Indonesia. Lima tahun berikutnya mengangkat satu tema tentang Komunitas Basis.  Lalu di tahun 2005 mengangkat  tema  “Bangkit dan Bergeraklah”.

Sedangkan tema SAGKI untuk tahun 2010 membahas secara khusus tema “Bernarasi tentang Yesus”.

Sampai hari yang terakhir, para Bapa Uskup tetap tekun mengikuti Sidang Tahunan yang berlangsung selama 10 hari.
Sampai hari yang terakhir, para Bapa Uskup tetap tekun mengikuti Sidang Tahunan yang berlangsung selama 10 hari.

Dua kelompok

Sepanjang arus diskusi tentang tema yang ingin diangkat pada SAGKI tahun 2015, peserta sidang terbagi dalam dua kelompok.

Ada yang ingin melanjutkan Revitasilasi Gereja Perdana dan kelompok lain ingin mendalami tema tentang keluarga.

Setelah melakukan voting, mayoritas sidang akhirnya memutuskan memilih tema umum tentang Keluarga.

Pembahasan lanjut mengenai tema ini akan  dilakukan dalam Rapat presidium (14-15 November 2014) Rapat Kerja KLSD (Komisi, Lembaga, Sekretariat dan Departemen) pada 2-4 Desember 2014.

Tags

RD. Kamilus Pantus

Imam diosesan (praja) Keuskupan Weetebula (Pulau Sumba, NTT); misiolog, lulusan Universitas Urbaniana Roma; berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI, Juli 2013-Juli 2019

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close