Teladan Kita

Santo Nikolas dari Myra, Uskup dan Pengaku Iman

 

Nikolas lahir di Parara, Asia Kecil dari sebuah keluarga yang kaya raya. Sejak masa mudanya  ia sangat menyukai cara hidup bertapa dan melayani umat. Ia kemudian menjadi imam yang sangat disukai umatnya. Harta warisan dari orang tuanya dimanfaatkan untuk pekerjaan-pekejaan amal, terutama untuk menolong orang-orang miskin. Sebagai imam, ia pernaj berziarah ke Tanah Suci, Yerusalem. Kemudian ia terpilih sebagai Uskup kota Myra dan berkedudukan di Lycia, Asia Kecil ( Sekarang: Turki).

Santo Nikolah termasuk orang Kudus yang popular, sehingga dijadikan pelindung banyak kota, propinsi, keuskupan dan Gereja. Di kalangan Gereja Timur, ia dihormati sebagai pelindung anak-anak, dan pembantu para gadis miskin yang tidak mampu menyelenggarakan perkawinannya.

Santo Nikolas meninggal dunia di Myra dan dimakamkan di Katedral Myra. Relikuinya pernah dicuri orang pada tahun 1807. Saat ini relikui Santo Nikolas disemayamkan di Bari, Italia.

Sumber : “Orang Kudus Sepanjang Tahun”

Keterangan Foto : Santo Nikolas, Pelindung para pelaut, anak-anak dan para pembantu wanita miskin, Ilustrasi dari agenda-pppakk.blogspot.com

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close