HarianJendela Alkitab

Renungan Harian: Selasa, 9 Desember 2014

Yes.40:1-11,Mat.18:12-14

Mat 18:12 “Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?
Mat 18:13 Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat.
Mat 18:14 Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang.”
Mat 18:15 “Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.
Mat 18:16Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan.
Mat 18:17 Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai.
Mat 18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.
Mat 18:19 Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.
Mat 18:20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”
Mat 18:21 Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?”
Mat 18:22Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.
Mat 18:23 Sebab hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya.
Mat 18:24 Setelah ia mulai mengadakan perhitungan itu, dihadapkanlah kepadanya seorang yang berhutang sepuluh ribu talenta.

Renungan

            Seorang anak yang minggat dari rumah atau hilang, pasti membuat orang tuanya khawatir atau cemas dengan keselamatan anaknya. Orang tua atau keluarganya akan melakukan berbagai usaha untuk menemukan, mengajak dan membawa pulang anaknya. Dan, ketika anaknya kembali atau ditemukan dalam keadaan yang sehat dan selamat, maka betapa luar biasa kegembiraan  orang tua atau keluarganya.

          Kegembiraaan seperti itulah yang dialami seorang gembala dalam bacaan Injil hari ini. Sang gembala mengalami sukacita dan kegembiraan yang luar biasa setelah dia menemukan dombanya yang hilang.

          Kita sering melupakan bahwa sukacita seperti yang dialami oleh gembala itu tidak hanya karena dia bahagia dombanya ditemukan, tetapi lebih dari itu, dia bahagia dombanya dalam keadaan selamat. Allah tidak pernah acuh tak acuh terhadap anak-anak-Nya atau umat yang dikuasai dosa. Allah akan sangat berbahagia apabila anak-anak-Nya ditemukan dan mereka selamat. Marilah kita bersyukur karena kita memiliki Allah yang tidak pernah berhenti mencari dan menyelamatkan kita.

          Ya Allah, ampunilah aku yang sering lari dan dari hadapan-Mu. Aku beryukur karena kasih-Mu selalu menghangatkan aku dari kebekuan dunia ini. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2014

Keterangan foto : Mencari Domba Yang Hilang, ilustrasi dari blog.daum.net

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close