HarianJendela Alkitab

Si Yudas Iskariot

PADA Misa Kamis Putih ada banyak hal yang bisa kita renungkan. Kamis Putih identik dengan pembasuhan kaki para rasul. Saya ingin merenungkan Yudas Iskariot.

“Tuhan jangan membasuh kaki saja, melainkan tangan dan kepala”, kata Petrus kepada Yesus. Yesus menjawab, “Jika kalian sudah mandi, kalian sudah bersih, tetapi tidak semuanya”. Jawaban Yesus merupakan sindiran kepada para murid. Dari 12 rasul yang sungguh dekat dengan Yesus, ada yang tidak bersih, yaitu Yudas Iskariot.

Yudas Iskariot adalah penghianat Yesus. Yudas digoda oleh iblis sehingga ia mau menyerahkan Yesus kepada tentara Romawi. Iblis menggoda Yudas dengan uang. Pengalaman Yudas merupakan pengalaman yang sering kita alami. Kita seringkali mengkhianati Tuhan Yesus karena tergoda iblis melalui uang, jabatan, perkataan, menghakimi, dan sebagainya. Jangan-jangan kita Yudas-Yudas zaman sekarang jika cara hidup beriman kita mudah digoda oleh iblis.

Zaman sekarang segala sesuatu bisa menjadi iblis untuk mencari kenikmatan dan keuntungan sendiri. Jika iman kita seperti “Kerupuk”, maka tidak heran banyak Yudas Iskariot zaman sekarang. Namun jika iman kita seperti “akar”, maka kita bisa bertahan untuk tetap setia kepada Yesus meski konsekwensinya adalah miskin harta, cacian, dan penolakan.

Semoga kisah Yudas Iskariot dalam Kamis Putih menginspirasi kita untuk tidak tergoda oleh Iblis yang membuat kita sebagai pengkhianat Iman Katolik kepada Tuhan Yesus.

Feel free untuk tidak seperti Yudas Iskariot.

Tags

RD. Mahendra Christy

Imam diosesan (praja) Keuskupan Purwokerto; sekarang berkarya pastoral di Paroki Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close