KWIPODCASTVIDEO

Rahim: “Sekolah” Komunikasi Pertama

Logo PKSN- KWI 2015
Logo PKSN- KWI 2015

DALAM rangka memberi makna lebih untuk mempromosikan hari Komunikasi Sosial Sedunia, Komisi Komunikasi Sosial KWI mendesain sebuah acara yang diberi nama “Pekan Komunikasi Sosial Nasional-Konferensi Waligereja Indonesia (PKSN-KWI)”.

Hari Komunikasi Sosial Sedunia, bukan hanya perayaan liturgis, melainkan menjadi kesempatan berjumpa dan belajar, berdiskusi dan berefleksi, mengerti dan memahami perkembangan media sosial dan memanfaatkannya secara tepat sesuai ajaran iman Gerja Katolik.

PKSN-KWI menjadi kesempatan memberikan animasi pastoral komunikasi dan budaya bagi pelaku pastoral pada tingkat Gereja Lokal dan masyarakat pada umumnya. Tahun 2015 ini, PKSN-KWI diselenggarakan di Keuskupan Manokwari-Sorong pada tanggal 12-17 Mei 2015.. Terpilihnya Keuskupan ini berdasarkan usulan dari Yang Mulia Mgr. Datus Lega di sela sidang tahunan para uskup Indonesia pada bulan November 2014.

Dimulai tahun 2014, PKSN-KWI menjadi acara tetap tahunan Komsos KWI dalam kerjasama dengan Komsos Keuskupan sebagai tuan rumah. Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat membantu masyarakat umum memahami dampak dari media lama dan media baru bagi kehidupan masyarakat, keluarga dan pribadi, dan juga menawarkan model pendekatan pastoral yang baru bagi komunitas katolik, membangun kesadaran publik dan pendekatan kritis terhadap perkembangan media komunikasi.

Bapa Suci Paus Fransiskus mengeluarkan Pesan Pastoral untuk Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-49 dengan tema: Mengkomunikasikan Keluarga: Tempat Istimewa Perjumpaan Karunia Kasih. Menurut Bapa Suci, Keluarga adalah ruang sosial dimana komunikasi itu terjadi, sebuah komunitas manusia yang saling berkomunikasi. Lebih lanjut Paus mengajak umat beriman untuk melihat keluarga sebagai “sumber daya dan bukan sebagai persoalan bagi masyarakat.

Sebagian dari pesan Bapa Suci kami rangkai dalam kisah film pendek ” Sukacita Perjumpaan , berdurasi 30 menit.

Pembaca dapat mendownload audio Pesan Sri Paus dan audio visual dari  film Sukacita Perjumpaan pada link berikut ini:

link embed Youtube: Video Sukacita Perjumpaan

https://youtu.be/-AHMTMPdlwQ

Link download: Pesan Paus – Hari Komunikasi  Sedunia ke-49 – male voice

https://www.dropbox.com/s/hxxnfal6yjun2uq/Pesan%20Paus%20-%20Hari%20Komunikasi%20%20Sedunia%20ke-49%20-%20MALE%20voice.mp3?dl=0

Link download: Pesan Paus – Hari Komunikasi  Sedunia ke-49 – female voice

https://www.dropbox.com/s/rv9r8289tthidg5/Pesan%20Paus%20-%20Hari%20Komunikasi%20%20Sedunia%20ke-49%20-%20FEMALE%20voice.mp3?dl=0

 

 Selamat Merayakan Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-49

 

Rm. Kamilus Pantus

Sekretaris Eksekutif Komsos KWI

 

 

Tags

RD. Kamilus Pantus

Imam diosesan (praja) Keuskupan Weetebula (Pulau Sumba, NTT); misiolog, lulusan Universitas Urbaniana Roma; sekarang berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI.

Related Articles

Close