HarianJendela Alkitab

Renungan Harian: 6 Mei 2015

Kis 15:1-6,

Yoh 15:1-8

YOH 15:1 “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.

Yoh 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Yoh 15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Yoh 15:4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Yoh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Yoh 15:6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

Yoh 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Yoh 15:8 Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

Yoh 15:9 “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.

Yoh 15:10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.

Yoh 15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Yoh 15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

Yoh 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Yoh 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Yoh 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Yoh 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Yoh 15:17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

Yoh 15:18 “Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
Renungan

Ada perbedaan pendapat adalah hal wajar dalam kehidupan kita. Hal yang menarik untuk diperhatikan adalah bagaimana sikap kita terhadap perbedaan itu? Terhadap masalah sunat atau tidak sunat bagi orang bukan Yahudi yang mau mengimani Kristus jalan keluar yang diambil adalah melalui sidang. Di sini orang tidak mau memaksakan pikiran dan pendapatnya. Orang mau duduk, berbicara bersama untuk menemukan solusi yang berguna. Ini sebuah contoh bagi kita orang beriman dalam menyelesaikan masalah kehidupan kita yang melibatkan orang lain.

Tidak baik mau menang sendiri, tidak baik mau memaksakan kehendak sendiri, yang baik adalah duduk bersama berbicara untuk solusi yang terbaik. Dan solusi terbaik kita peroleh dalam kehidupan kita, jika semua orang tinggal di dalam Yesus Kristus. Injil hari ini, menegaskan pentingnya tinggal di dalam Yesus. Jaminannya adalah akan berbuah banyak dan dengan itu menjadi murid-muridNya.

Dalam perbedaan pendapat jika semua orang tinggal dalam Yesus Kristus maka buah dalam menghadapi perbedaan itu pastilah akan berakhir manis karena semua orang akan berusaha merasa dan berpikir seperti Kristus.

 

Credit Foto:Perbedaan pendapat itu wajar, www.sesawi.net

Tags

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close