KWIPEKAN KOMSOS

Pelatihan Jurnalistik di PKSN-KWI, Padat dan Meriah

RATUSAN orang muda katolik (OMK) Papua memenuhi ruang Aula Kampus Politeknik Sint Paul, Sorong, Papua, Selasa (12/5/2015) sejak pagi hingga sore di hari pertama Pekan Komunikasi Sosial Nasional Konferensi Waligereja Indonesia (PKSN-KWI). Selain dari wilayah Sorong, ada juga OMK yang berasal dari Kabupaten Aimas, Bintuni, Manokwari, Maybrat, Fak Fak, Kaimana, dan mahasiswa-mahasiswi STPK (Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik Santo Benediktus Sorong) yang tidak mewakili kabupaten.

120-an OMK ini mengikuti pelatihan jurnalistik sebagai kegiatan awal PKSN-KWI yang mendahului acara pembukaan yang hendak diawali dengan Ekaristi pada Selasa sore hari pukul 17.00 WIT.

Hingga esok atau selama dua hari para peserta akan dijejali dengan beragam materi tentang bagaimana menulis yang baik, meliput berita, wawancara, mengambil sudut berita juga belajar tentang memahami fotografi jurnalistik.

Dua narasumber ahli, pertama Mathias Hariyadi mantan wartawan Harian Kompas membawakan materi tentang jurnalistik dan Dosen Desain Grafis Institut Kesenian Jakarta Dionisisus Bowo membawakan sesi fotografi.

“Kami ingin agar teman-teman bisa menjadi mata dan perpanjangan tangan gereja dalam mewartakan kaar baik ke seluruh dunia lewat menulis di media khususnya media digital. Karena itu belajar menulis adalah wajib dan harus dimulai dari sekarang,”tegas Mathias Hariyadi.

Di sela pelatihan, peserta diajak untuk bergembira dengan joget dan menyanyi. Menurut Mathias, ini adalah cara agar anak muda bisa dengan mudah menerima apa yang diajarkan.

Keterangan Foto : Para peserta pelatihan jurnalistik sedang penuh perhatian / Foto : Dok. KWI

Tags

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close