HarianJendela Alkitab

Renungan Harian: Sabtu, 16 Mei 2015

Kis 18:23-28;Yoh 16:23b-28

DAN pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.

Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.

Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,

sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.

Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

Renungan

Apolos adalah orang yang meyakini sedikit pengetahuan yang dimilikinya dan berani menggunakannya demi kebaikan. Pewartaan dilakukan olehnya walaupun ia belum mengetahui dengan sempurna tentang Jalan Tuhan. Ia dalam keadaanya itu tetap berdiri sebagai orang yang rendah hati. Ia mau menerima masukan dari orang lain dan karena itu dirinya kemudian berguna bagi pewartaan tentang Jalan Tuhan. Kadang kita mungkin seperti Apolos berani berbuat sesuatu demi kebaikan walaupun pengetahuan atau kemampuan kita belum terlalu memadai. Namun yang berbeda adalah di dalam keadaan kita yang demikian, semangat kerendahan hati kadang jauh dari kehidupan kita. Kita tidak mau rendah hati. Kita tidak mau terbuka untuk menerima masukan dari orang lain. Hari ini kita mendengarkan bahwa atas masukan dari orang lain, Apolos kemudian semakin berguna bagi pewartaan yang dibuatnya.

Dalam Injil kita diminta untuk melihat kembali tentang doa. Kita berdoa dengan perantaraan Yesus Tuhan kita dan ini bukanlah sebuah hasil imajinasi. Yesus yang adalah Tuhan kita sendiri bersabda demikian agar kita mengimaniNya dan tinggal dalam kata-kataNya itu dengan mempraktekanNya. Kalau kita belum meyakini sungguh Dia sebagai satu-satunya jalan kita kepada Bapa dalam doa-doa kita. Injil hari ini meminta kita untuk kembali kepada keyakinan sungguh bahwa Dia adalah Perantara kita. Semoga hal ini tidak hanya tinggal dalam pengetahuan kita akan tetapi sungguh dihidupi di dalam doa-doa kita.

 

Credit Foto: Do Something or Do Nothing, cinnamonstory.wordpress.com

 

 

Tags

Related Articles

One Comment

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close