HarianJendela Alkitab

Renungan Harian: Selasa, 09 Juni 2015

Bacaan I: 2Kor. 1:18-22, Injil: Mat. 5:13-16

MAT 5:13 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

Mat 5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

Mat 5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

Mat 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Renungan

Ada sebuah ungkapan bahasa Latin yang berbunyi: “Nul utilius sole et sale”, yang berarti “ tidak ada yang lebih berguna dari matahari dan garam.” Garam membuat makanan enak dan bertahan lama. Pada masa Yesus, orang yang baik sering kali disebut sebagai garam dunia. Maka ketika Yesus bersabda, “Kamu adalah garam dunia”, para pendengarnya sudah tahu bahwa mereka harus menjadi orang yang baik dan karena kebaikan itu mereka bisa  mempengaruhi orang lain. Demikian pun ketika Yesus berkata, “Kamu adalah terang dunia”, orang memahami maksudnya karena orang-orang Yahudi menyebut seorang Rabbi yang baik sebagai “Pelita bagi Israel”.

Sebagai orang-orang Kristen kita dipanggil untuk menjadi garam dan terang dunia. Menjadi garam dan terang berarti bahwa lewat tingkah laku yang baik kita bisa mempengaruhi orang lain untuk menjadi baik. Menjadi garam dan terang juga berarti bersedia berkorban demi kebaikan orang-orang lain. Sebagaimana garam harus hancur supaya makanan menjadi enak dan lilin harus luluh agar bisa memberi terang, demikian kita mesti rela berkorban demi kebaikan orang lain. Semoga Sabda Tuhan dalam Injil hari ini mendorong kita untuk terus berbuat baik bagi sesama.

Tuhan, jadikanlah aku garam dan terang bagi orang-orang yang berada di sekitarku. Amin.

 

Sumber: Ziarah Batin 2015

Credit Photo: Garam dan Terang Dunia, www.sesawi.net

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close