HarianJendela Alkitab

Renungan Harian : Selasa, 23 Juni 2015

Kej. 13:2.5-18,

Injil : Mat. 7:6.12-14

Mat 7:6 “Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.”

Mat 7:7 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Mat 7:8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Mat 7:9 Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti,

Mat 7:10 atau memberi ular, jika ia meminta ikan?

Mat 7:11 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Mat 7:12 “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Mat 7:13 Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;

Mat 7:14 karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.”

Renungan:

Injil antara lain berisikan pedoman-pedoman hidup praktis yang bisa dihayati oleh siapa saja.  Dalam injil hari ini, misalnya, kita akan menemukan satu pedoman praktis dalam hidup guna memperoleh kebahagiaan. “ Jangan lakukan pada orang lain apa yang Anda tidak suka orang lain berbuat terhadap dirimu” ( bdk. Mat, 7:12 ). Perintah ini adalah salah satu pokok penting dari khotbah Yesus di bukit dan merupakan puncak dari etika sosial. Apa yang kita tidak suka, jangan lakukan itu kepada orang lain.

Tema penting lain yang disampaikan oleh Yesus dalam Injil hari ini adalah hidup merupakan satu pilihan.  Pilihan itu akan menentukanmasa depan  seseorang. Ada pilihan yang gampang akan membawa orang kepada kebinasaan. Tetapi pilihan-pilihan yang sulit seperti memikul salib atau menyangkal diri akan membawa orang kepada kebahagiaan sejati. Yesus mengharapkan supaya kita tidak mengelakkan pilihan-pilihan yang sulit karena pilihan-pilihan itu sering membawa kita kepada kebahagiaan.

Tuhan, bantulah aku  untuk membuat pilihan-pilihan yang tepat di dalam hidup agar aku terhindar dari kebinasaan , Amin.

Sumber : Ziarah Batin 2015

Credit Foto: indahnya mutiara,sinarharapan.co  

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close