HarianJendela Alkitab

Renungan Harian: Jumat, 3 Juli 2015

 

Pesta Santo Thomas

Injil  Yohanes 20:24-29

YOH 20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.
Yoh 20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”
Yoh 20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
Yoh 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
Yoh 20:28 Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
Yoh 20:29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Renungan

Tomas adalah pribadi yang kurang mudah percaya.  Ia perlu bukti agar dapat percaya kepada Yesus. Namun setelah Ia sendiri melihat bekas paku pada tangan Yesus dan mencucukkan jarinya ke dalam lambung Yesus,  terungkaplah imannya yang mendalam “Ya Tuhanku dan Allahku”.  Inilah pengakuan yang agung yang disampaikan oleh Tomas, seorang yang lambat percaya itu. Kita dipanggil untuk sampai pada pengakuan yang sama walaupun tanpa melihat dengan mata kepala kita sendiri.  Dan seperti kata Yesus kita akan menjadi orang-orang yang berbahagia.

 

Credit Photo: Santo Tomas, Rasul, www.spainisculture.com

Tags

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close