HarianJendela Alkitab

Utamakan Kasih Dalam Pelaksaaan Hukum Dan Peraturan

SEMUA hukum dan peraturan dibuat dengan tujuan agar hidup kebersamaan di dalam masyarakat dapat berlangsung tertib dan teratur. Namun ketika pelaksanaannya bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan, hendaknya dipertimbangkan secara bijaksana.

Melalui perikop ini, Yesus menyadarkan kita bahwa pelaksanaan peraturan dan hukum secara harafiah, tanpa mempertimbangkan makna dibaliknya, hanya akan membutakan hati nurani dan menjauhkan kita dari hukumNya, yakni hukum kasih.

Mari bersikap fleksibel, jangan terlalu kaku dalam memegang peraturan; sesuaikan dengan situasi dan keadaan yang berlaku pada saat itu. Teladani Yesus yang selalu mengutamakan kasih, karena kasih jauh lebih bernilai daripada sekedar kepatuhan terhadap hukum manusia.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Tags

Veronica Hendrajati Angkatirta

Alumnus Fakultas Elektro ITB dan pernah lama bekerja di IBM Indonesia; umat Paroki St. Yakobus Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Wakil Koordinator Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini; senang merangkai kata-kata renungan yang menjadi 'kata hati' untuk satu hari (thoughts of the day).

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close