HarianJendela Alkitab

Peran Orang Tua: Didik Anak Dan Belajar Dari Sikap Anak

BANYAK orang tua yang mengabaikan pendidikan agama bagi anak mereka karena menganggap bahwa anak masih terlalu kecil dan belum cukup umur.

Yesus tidak pernah membedakan status manusia, setiap pribadi sama pentingnya di hadapanNya. Jadi menghalangi anak untuk mengenal dan menerima berkat dari Tuhan adalah tindakan yang kurang bijaksana.

Orang tua harus berperan aktif dalam mendidik anak-anak agar bertumbuh dalam iman. Jangan hanya mengutamakan pendidikan segi intelektualnya saja, namun juga harus ditanamkan benih-benih kristiani sejak dini.

Anak adalah anugerah Tuhan, sudah selayaknya jika kita memperhatikan pendidikan rohani mereka. Dalam menjalin relasi dengan Tuhan, orang tua dituntut untuk memberi teladan yang benar kepada anak. Untuk itu, kita, sebagai orang tua, harus mau belajar dari sikap anak kecil, untuk selalu membuka diri terhadap sapaanNya, jujur, tulus, tidak munafik, percaya dan bergantung penuh kepadaNya.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Tags

Veronica Hendrajati Angkatirta

Alumnus Fakultas Elektro ITB dan pernah lama bekerja di IBM Indonesia; umat Paroki St. Yakobus Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Wakil Koordinator Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini; senang merangkai kata-kata renungan yang menjadi 'kata hati' untuk satu hari (thoughts of the day).

Related Articles

Close