HarianJendela Alkitab

Oase Kehidupan: Minggu, 30 Agustus 2015|Ul 4:1-2.6-8|Mz 25:2-3a.3cd.4ab.5|Yak 1:17-18.21b22.27|Mrk 7:1-8.14-15.21-23|Masa Biasa 22|”

Apa yang Keluar dari Seseorang, Itulah yang Menajiskan Dia!”

SECARA jasmani, hati kita memiliki peran sebagai dapur tubuh. Organ penting ini memproses semua sari makanan untuk tubuh kita. Jika fungsi hati kita baik, sehat maka badan kita pun sehat. Begitu pula dari segi kepribadian. Inti kepribadian kita adalah hati. Dari hati keluar segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, hawa nafsu, iri hati, hujat, sombong, bebal. Bagian dalam kepribadian kita ini hanya dapat kita bersihkan dengan firman. Karena itu, Yesus katakan:”Dengarkanlah Aku dan camkanlah!” Firman Tuhan bagaikan obat pembersih hati. Setiap kali kita melaksanakan firman kita mulai mengerti apa yang baik. Firman itu lalu menjadi kebijaksanaan dan akal budi kita. Ia menyelamatkan jiwa kita. Karena itu, menurut rasul Paulus, yaitu ‘hendaklah kita menjadi pelaku firman. Terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam dalam hatimu yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.’ Doa: ‘Tuhan berilah aku kesanggupan untuk melaksanakan firman-Mu karena tanpa bantuan rahmat-Mu aku tidak berdaya.’ Sejauhmana anda dan keluargamu menjadi semakin bijaksana dan berakal budi karena merenungkan dan melaksanakan firman Tuhan setiap hari. Selamat pagi. Tuhan memberkati.*** ( Penulis adalah imam Katolik Keuskupan Larantuka)

Tags

RD. Anton Prakum

Dithabiskan menjadi Imam pada 9 Juni 1991 di Mulankera, Lembata, Guru dan pembina para calon imam di Seminari San Dominggo Hokeng tahun 1994-2003, saat ini bertugas sebagai Pastor Paroki Sta Bernadete Soubirous Pukaona Keuskupan Larantuka. Menjadi kontributor pada Majalah Hidup dan beberapa media lokal di NTT.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close