Mengintip Suasana Jelang Pembukaan SAGKI 2015

0
SONY DSC

Sebagian Panitia registrasi peserta tampak selalu siap untuk mendata peserta SAGKI dari berbagai keuskupan (Foto oleh John/Komsos KWI).

Suasana di “Via Renata” Puncak Bogor pada Senin (2/9) terasa berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Spanduk-spanduk dengan tulisan SAGKI 2015 tampak terpajang di sepanjang kiri kanan jalan “Via Renata”. Ada juga spanduk ucapan “Selamat Datang Menteri Agama” dipasang di gerbang tengah.

SONY DSC

Peserta SAGKI dari berbagai Keuskupan di Indonesia sedang melakukan registrasi di meja Panitia SAGKI, Senin (2/9) di “Via Renata” Puncak (Foto oleh John/Komsos KWI).

Semarak suasana SAGKI semakin terasa ketika para utusan dari seluruh keuskupan di Indonesia mulai berdatangan dengan menggunakan kendaraan roda empat. Dari pantauan Tim KOMSOS sekitar pkl. 11.00 , peserta dari beberapa keuskupan Regio Jawa seperti Keuskupan Bandung, Keuskupan Bogor dan Keuskupan Agung Jakarta telah melakukan registrasi lebih awal. Sementara dari Regio Sumatera, baru peserta dari  keuskupan Agung Medan yang telah melakukan registrasi. Sedangkan peserta keuskupan dari Regio Kalimantan, Regio Sulawesi, Regio Nusatenggara dan Regio Papua belum satu pun yang melakukan registrasi.

Berdasarkan informasi yang sempat kami peroleh dari Panitia SAGKI, seluruh peserta sebetulnya sudah tiba di Jakarta pada Minggu (2/9). Namun mereka tidak langsung menuju ke “Via Renata, melainkan menginap semalam di Jakarta.

SONY DSC

Tempat berlangsungnya perayaan ekaristi dan pembukaan SAGKI 2015 (Foto oleh  John/Komsos KWI)

Sekitar pkl. 12.30 siang tadi menjadi puncak acara registrasi peserta. Sebab, dalam waktu yang tidak terlalu lama, peserta dari keuskupan lain pun mulai berdatangan, baik dari regio Sumatera, Regio Jawa, Regio Kalimantan, Regio Sulawesi, Regio Nusatenggara dan Regio Papua. Pada saat bersamaan, dua bus yang menghantar rombongan Para Uskup pun tiba di Via Renata.

SONY DSC

Rombongan Para Uskup sedang disambut oleh Panitia SAGKI 2015 (Foto oleh John/Komsos KWI).

Baik rombongan peserta maupun rombongan Para Uskup diterima dengan baik oleh panitia. Dengan pembagian tugas yang jelas, panitia yang terlibat tampak dengan cepat dan tertib mengarahkan peserta untuk melakukan registrasi.

Sesuai dengan jadwal acara yang telah disusun dalam Buku Panduan Acara SAGKI 2015, selain acara registrasi yang telah dimulai Pkl. 08.00-11.00 pagi tadi, pada Pkl. 16.30-18.00 akan diadakan Perayaan Ekaristi Pembukaan SAGKI 2015. Selanjutnya, pada pukul 18.30-19.30 nanti, SAGKI 2015 akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin di Via Renata, Bogor.

 

 

Share.

About Author

John L. Wujon

Staf Komisi KOMSOS KWI

Comments are closed.