SEPUTAR VATIKAN

Tahun Kerahiman, Pintu Suci 4 Basilika Kembali Dibuka!

Setelah lewat 15 tahun Tahun Yubelium pada 2000, Pintu Suci Basilika St. Petrus akhirnya dibuka kembali pada 17 November lalu. Aksi ini adalah salah satu bentuk peluncuran Tahun Kerahiman Suci pada bulan depan.
Kardinal Angelo Comastri, pastur agung dari Basilika St. Petrus memimpin sebuah upacara singkat untuk pembongkaran dinding tersebut. Batu demi batu dihancurkan, pertama-tama untuk mengambil kotak yang berisikan barang-barang kenangan dari Tahun Yubelium 2000: isinya ada beberapa dokumen dan sertifikat dari penutupan pintu suci tersebut 15 tahun silam, serta medali peringatan. Di dalamnya juga ada kunci-kunci yang akan dipakai Paus Fransiskus untuk membuka Pintu Suci pada 8 Desember mendatang (Hari Raya St. Maria Imakulata).
Setiap empat basilika utama di Roma punya pintu suci, yang biasanya ditutup dari dalam sehingga pintu tersebut tidak bisa dibuka. Pintu hanya akan dibuka pada tahun-tahun kerahiman, sehingga para peziarah dapat berjalan melewatinya dan mendapatkan indulgensi (yang dihubungkan dengan kerahiman Allah).
Menyusul Basilika St. Petrus, Pintu Suci Basilika Lateran akan dibuka 13 Desember. Basilika Sta. Maria Magiore pada 1 Januari 2016, dan Basilika St. Paulus pada 26 Januari 2016. Yang akan berziarah cocokkan jadwal ya, supaya bisa mampir!!!
Sumber: “disadur dari catholicnewsagency.com”
Kredit Foto: insidethevatican.com
Tags

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close