HarianJendela Alkitab

Renungan Harian│08 Desember│Selasa Pekan Adven II│0 Pekan II │ Hari Raya SP Maria Dikandung Tanpa Noda│

SANTA Perawan Maria dikandung tanpa dosa diteguhkan sebagai dogma oleh Paus Pius IX pada 08 Desember 1854 dengan ensiklik Ineffabilis Deus. Maria adalah tokoh penting dalam karya keselamatan Allah bagi manusia. Ia dilukiskan sebagai Hawa baru yang ambil bagian dalam rencana penyelamatan. Kejatuhan Adam dan Hawa serta janji mengenai keselamatan akan diberikan dalam diri Maria. Hawa yang baru.  Maka Maria adalah “ ibu dari semua yang hidup” ( bdk.Kej.3:20), karena ia akan melahirkan Dia yang hidup, Adam baru, yakni Yesus Kristus.  Yesus inilah yang akan membebaskan manusia dari maut dan dosa serta menciptakan hidup baru bagi yang percaya kepada-Nya.

Maria dipilih supaya “ kudus dan tak bercacat di hadapan Allah” ( bdk.Ef.1:4). Penyerahan dirinya dalam “ Fiat Voluntas Tua”…. Terjadilah padaku menurut perkataanmu ( bdk.Luk.1:38),  merupakan pengudusan mendalam yang diterimanya dengan iman terhadap rencana Allah. Maria memberikan teladan bagi setiap orang Kristiani untuk siap sedia pada rencana dan kehendak Allah. Kesediaan penuh iman berarti pula memberikan diri dibarui oleh Allah menjadi manusia baru. Bersediakah kita untuk hidup sebagaimana manusia baru?

Ya Allah, ajarilah aku meneladani sikap Bunda Maria agar semakin teguh beriman kepada-Mu dan hidup sebagai manusia yang telah diperbarui Kristus, Amin.***

 

Sumber : Ziarah Batin 2015

Kredit Foto: Ilustrasi (Ist)

 

 

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close