Kerahiman Allah Menjiwai Program Pastoral KLSD 2016

0

BERTEMPAT di Rumah Retret Puspanita, Ciawi, Bogor sedang berlangsung Rapat Kerja (RAKER) dari Komisi, Lembaga, Sekretariat dan Departemen (KLSD) yang bekerja di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). RAKER yang berlangsung tanggal 7 – 10 Desember 2015 ini, dibuka dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal yang baru terpilih dalam sidang Sinodal KWI Mgr. Dr. Antonius Subianto Bunyamin LPh OSC, Uskup Bandung. Hadir sebagai peserta RAKER 16 orang Pastor dan dua orang suster, minus sekretaris Komisi Liturgi yang berhalangan hadir karena sakit.

Mgr. Dr. Antonius Subianto Bunyamin LPh OSC, Sekretariat Jendral KWI, Uskup Keuskupan Bandung, sedang memberikan pengarahan kepada peserta RAKER KLSD KWI.

Mgr. Dr. Antonius Subianto Bunyamin LPh OSC, Uskup Bandung, Sekretaris Jendral KWI yang baru menggantikan (Alm) Mgr. Johannes Pujasumarta, sedang memberikan pengarahan kepada peserta RAKER KLSD KWI.

Sekjen KWI memberikan apresiasi atas karya yang telah dilakukan para KLSD selama tahun-tahun yang sudah lewat. “Apresiasi kepada para KLSD yang telah melaksanakan karya yang terbaik dalam KLSD masing-masing. Juga memberikan apresiasi kepada setiap orang yang membantu kita di KLSD” demikian Mgr. Anton selaku Sekjen memberikan apresiasi atasnama Presidium atas karya pastoral KLSD. Lebih lanjut sekjen juga menitipkan harapan agar “KLSD berkarya untuk membantu para uskup. Mewujudkan visi Gereja Indonesia, Gereja Sentire cum Christo, Sentire cum Eclesia. Bekerjasama secara kreatif satu sama lain”.

RD. Nur Widipranata, Direktur Nasional Karya Kepausan Indonesia yang juga merangkap sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Karya Misioner dan RP. Leo Sugiyono, MSC sekretaris Eksekutif Komisi Kateketik, pedamping rekoleksi bagi peserta RAKER KLSD KWI.

RD. Nur Widipranata (kiri), Direktur Nasional Karya Kepausan Indonesia yang juga merangkap sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Karya Misioner dan RP. Leo Sugiyono, MSC (kanan), Sekretaris Eksekutif Komisi Kateketik, pedamping rekoleksi bagi peserta RAKER KLSD KWI.

RAKER merupakan agenda tetap dari Sekretariat Jenderal KWI yang dalam tradisi 3 tahun terakhir dilaksanakan senin pekan pertama bulan Desember. Agenda tetap setelah misa pembukaan, diadakan rekoleksi yang dipimpin oleh dua orang imam, dan untuk 2015 dipercayakan kepada RD. Nur Widipranata, Direktur Nasional Karya Kepausan Indonesia yang juga merangkap sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Karya Misioner dan RP. Leo Sugiyono, MSC sekretaris Eksekutif Komisi Kateketik.

Adapun tema yang menjadi bahan permenungan Uskup Anton, para romo dan suster adalah “Misericordiae Vultus” bulla pemberitahuan Jubelium Luarbiasa Kerahiman dari Bapa Suci Paus Fransiskus yang dipublikasi oleh Tahta Suci tanggal 11 April, pada Minggu Kerahiman Ilahi 2015. Rm. Nur mengajak peserta RAKER untuk memahami Kerahiman sebagai sumber sukacita. “Segala kegiatan pastoral para romo dan suster dalam kegiatan pastoral komisi, departemen dan lembaga di KWI agar memancarkan Kerahiman Allah kepada siapun yang kita layani”, demikian ajakan Rm. Nur yang juga diamini Rm. Leo selaku pembimbing rekoleksi. Rekoleksi ditutup pada hari selasa, 8 Desember jam 10.00 WIB.

Sesudah mengalami penyegaran dalam bidang rohani, peserta RAKER mengisi sesi-sesi sidang selanjutnya dengan membahas program kerja sama dalam rumpun yang terdiri dari 4 rumpun yakni Pewartaan, Kemasyarakatan, Pembinaan dan Lemabaga Suporting. Ada banyak hal yang akan dikerjakan bersama oleh komisi, departemen dan lembaga di KWI untuk mengisi Tahun Kerahiman 2016. Tahun Kerahiman sendiri sudah dimulai pada Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda, 8 Desember 2015 dan akan berakhir pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, 20 November 2016. Menurut Rm. Edy Purwanto selaku sekretaris eksekutif KWI “semua program kerj sama dalam rumpun ini bergerak dalam semangat Kerahiman Allah, rekomendasi Sidang Agung Gereja Katolik Inodnesia 2015 dan seruan apostolic Laudato Si’ dari Paus Fransiskus”.

RD. Teguh Santosa, Sekretraris Eksekutif Komisi PSE KWI sedang mempresentasikan program Karya Pastoral 2016.

RD. Teguh Santosa (berdiri), Sekretraris Eksekutif Komisi PSE KWI sedang mempresentasikan program Karya Pastoral 2016.

Sesi RAKER setelah membahas karya bersama dalam rumpun adalah pembahasan program unit kerja dengan mendengarkan informasi dan penajaman program-program ‘propria’ KLSD. (Program propria artinya karya pastoral yang menjadi kerja khas dari setiap Komisi). Setiap Sekretaris komisi dan kepala departemen serta lembaga disediakan waktu 30 menit untuk memaparkan program kerjanya dan mendengarkan usulan atau pertanyaan dari peserta rapat.

Pada hari ketiga RAKER hadir juga Mgr. Silvester San Uskup Denpasar yang menjabat sebagai Ketua Dewan Moneter KWI.

Saat berita ini dipublikasikan, para peserta sedang mendengarkan program kerja dari beberapa Komisi. Direncanakan bahwa RAKER KLSD 2015 ini akan berakhir pada Kamis 10 Desember jam 12.00 WIB.

 

Kredit Foto: Para peserta Rapat Kerja KLSD KWI 2015 (Doc. Komsos KWI)

 

Share.

About Author

RD. Kamilus Pantus

Imam diosesan (praja) Keuskupan Weetebula (Pulau Sumba, NTT); misiolog, lulusan Universitas Urbaniana Roma; sekarang berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI.

Comments are closed.