HarianJendela Alkitab

Renungan Harian│Sabtu, 12 Desember 2015│

SEORANG tokoh yang memiliki keutamaan dalam hidupnya akan terus dikenang banyak orang dari segala masa. Pribadi, cara hidup, dan tindakannya, akan  menjadi pujian sekaligus teladan bagi generasi muda berikutnya. Dengan demikian, hidup, ajaran, dan teladan tokoh tersebut hendaknya menjadi panutan bagi kehidupan masyarakat banyak.

Kitab Putera Sirakh, dalam bacaan pertama menceritakan ketokohan Nabi Elia. Sikap hidup dan kenabian Elia menjadi ajaran keteladanan yang semestinya dihidupi oleh generasi umat terpilih. Ajaran kehidupan yang digambarkan dalam diri Elia menyatakan dalam kehadiran dan warta kenabian Yohanes. Ia mewartakan pertobatan yang mendesak untuk semua orang.  Namun, tidak jarang warta pertobatan dan keselamatan itu dikesampingkan.  Nasihat-nasihat, teguran, dan ajakan untuk memperbarui hidup tidaklah mudah untuk dilakukan.  Ketika hati tertutup oleh keegoisan dan pembenaran diri, orang akan gampang menyalahkan sesamanya dan hanya berjalan dalam kegelapan hatinya.

Tuhan. Bukalah hatiku dan sinarilah dengan cahaya-Mu, agar aku dapat memandang wajah-Mu dan mendengar suara-Mu.  Dan bantulah aku untuk menghidupi sabda-Mu dalam hidup sehari-hari, Amin.

 

Sumber : Ziarah Batin 2015

Kredit Foto:

Tags

Related Articles

Close