HarianJendela Alkitab

Renungan Harian│Kamis 17 Desember Hari Biasa Khusus Adven Pekan III│0 Pekan III│Bacaan I Kej. 49:2.8-10, Mazmur. 72:1-2.3-4b.7-8.17;R:7, Injil Mat. 1:1-7

Silsilah Yesus Kristus

1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus , anak Daud , anak Abraham. 

1:2 Abraham memperanakkan Ishak,  Ishak memperanakkan Yakub,  Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya,

1:3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram,

1:4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon,

1:5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,

1:6 Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria,

1:7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa.

Renungan

Manusia adalah makhluk yang menyejarah. Setiap perjalanan hidup manusia terukir dalam cerita dan sejarah yang berjalan dari waktu ke waktu. Ukiran hidup yang terpatri dalam sejarah itu menunjukkan bahwa ada kehidupan dan ada perjalanan waktu konkret yang telah dilalui oleh manusia dalam lingkup yang sungguh-sungguh manusiawi.

Yesus sendiri adalah anak manusia yang menyejarah. Namu, Ia adalah Allah yang mengambil bagian dalam sejarah manusia. Ia memiliki silsilah keturuanan seperti halnya manusia seperti kita. Sejarah keselamatan itu sendiri telah dinubuatkan bahwa Sang pencipta akan lahir dari tunas keturunan suku Yehuda.

Sejarah kemanusiaan Yesus hendak menunjukkan bahwa Allah sendiri telah menjadi manusia sama seperti kita untuk ambil bagian dalam sejarah kemanusiaan kita. Ia adalah sungguh Allah dan sungguh manusia. Solidaritas Allah itulah yang telah mengangkat dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan kita.

Terima kasih, Ya Bapa atas martabat manusiawiku yang telah Kauangkat dalam martabat Putera-PuteriMu yang Kudus. Mampukan aku untuk menghargai hidup sebagai anak-anak-Mu dalam tindakan dan perbuatan hari demi hari. Amin.

 ========

Sumber: Ziarah Batin 2015

Kredit Foto: Silsilah Yesus Kristus, jeffrysudirgo.org

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close