KOMSOS KWI

“Danau Toba itu Waaaahhh…!!!”

Budi Sutedjo dan Maria Herjani, pelopor Indonesia Menulis, membagikan pengalaman dan ilmu kepada mahasiswa/i semester VI STP St. Bonaventura, Delitua, Medan. Setelah mengantar pengalaman menulis buku, Budi dan Maria mengajak para peserta pelatihan “Menulis di Era Internet” ini untuk belajar menulis feature, sebuah bentuk tulisan nonfiksi yang tidak lekang waktu.

“Dalam menulis feature, dekripsikan objek yang akan ditulis. Bila hanya memberi kesan pribadi, pembaca tidak akan mengerti dan tidak dapat mengukur sesuai dengan yang penulis harapkan,” cerita Budi. Contoh yang diberikan, mengungkapkan keindahan Danau Toba dengan kata “Wahhhh…!!!” Meski menimbulkan kesan super, tapi pendengar ataupun pembaca tidak mendapat penjelasan deksriptif mengenai Danau Toba secara inderawi.

Peserta melatih dan mempelajari proses terjadinya komunikasi melalui permainan pesan berantai. Mereka memastikan pesan yang diberikan kepada anggota kelompok pertama sampai kepada anggota terakhir tanpa mengurangi atau menambah isi pesan. Setelah itu, mereka berlatih menulis puisi berantai: belajar bekerja sama dan terus memicu pada satu tema. Peserta melanjutkan pelatihan dengan mempelajari menulis opini.

Tags

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close