KOMSOS KWI

Hal-hal Penting Dalam Public Speaking Selain Berbicara

CUACA panas tidak mengurangi semangat mahasiswa/i STP St. Bonaventura untuk terus melatih public speaking. Teknik pelatihan yang digunakan antara lain ceramah, permainan, simulasi/roleplay, menyanyi, dan praktik. Frans Budi Santika -mentor untuk pelatihan public speaking – mewajibkan para peserta datang di sesi selanjutnya menggunakan pakaian rapi dan sopan.

“Mereka harus membiasakan diri tampil sebagai seorang guru,” kata Frans. Pertama, mereka diajak untuk peka terhadap penampilan seseorang; memperhatikan busana lawan bicaranya. Peserta dibagi menjadi kelompok, masing-masing tiga orang. Seorang di antaranya harus sengaja membuat sesuatu yang janggal dengan penampilannya, seperti kurang rapi atau ada aksesoris yang tidak pernah dipakai sebelumnya. Anggota lainnya harus menebak apa kejanggalan tersebut, sedangkan yang satu lagi menjadi juri.

Selanjutnya, peserta pun mensimulasikan pendekatan inderawi yang berbeda supaya lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Mereka belajar untuk mengenali teman-temannya hanya lewat tepukan tangan, sentuhan di bahu. Ternyata belajar public speaking tidak hanya soal bicara...

Tags

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close