HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Rabu: 06 Juli 2016, Mat. 10:1-7

Mat 10:1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

Mat 10:2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,

Mat 10:3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,

Mat 10:4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

Mat 10:5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,

Mat 10:6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Mat 10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

 Renungan

Kekayaan adalah berkat Tuhan. Namun ada yang berpikir, kekayaan itu adalah hasil usaha kerja keras sendiri.  Nabi Hosea mengingatkan orang yang bersikap demikian. Mereka harus mencari Tuhan dan bersyukur kepada-Nya.

Umat Israel juga berpikir, mereka adalah keturunan Abraham, bangsa terpilih. Karena itu, mereka pasti selamat, masuk surga. Menurut Yesus, tidaklah demikian. Mereka harus bertobat, mencari Allah. Jika tidak, mereka tidak dapat bersama Abraham dalam Kerajaan Surga. Mereka ini bagaikan domba-domba yang hilang dari umat Israel, yang kepada mereka Yesus mengutus rasul-Nya.

Di antara kita, ada juga yang berpikir demikian. Kita ini pekerja keras, kita ini keturunan orang baik-baik. Kita tidak berbuat dosa besar; tidak mencuri, membunuh, atau berzinah. Maka untuk apa pergi ke gereja?Untuk apa berdoa? Untuk apa mencari Tuhan? Jika tidak berdosa berat, sudah pasti kita masuk surga!

Pikiran demikian salah! Apa pun keadaan kita, kita semua harus mencari Tuhan, bersyukur kepada-Nya dan bertobat. Jika tidak, kita bagaikan domba yang hilang. Renungan hari ini mengembalikan kita ke jalan yang benar.

Ya Tuhan, semoga aku ingat akan bantuan-Mu dalam setiap pekerjaan dan uang yang kuperoleh. Dan untuk itu, pantaslah aku bersyukur. Amin.

=========

Sumber: Ziarah Batin 2016

Kredit Foto: margonolucas.wordpress.com

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close