HarianJendela Alkitab

Renungan Harian │Rabu: 24 Agustus 2016│ Yoh1:45-51│

Yoh 1:45 Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.”

Yoh 1:46 Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”

Yoh 1:47 Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

Yoh 1:48 Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.”

Yoh 1:49 Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”

Yoh 1:50 Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.”

Yoh 1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Renungan

Mari kita berkenalan dengan suatu tokoh penting dalam Injil Yohanes, yaitu Natanael. Dikisahkan, Natanael dibawa oleh Filipus yang berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang telah disebut oleh Musa dalam Kitab taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari nazaret. Lalu Natanael mengungkapkan pendapat pribadinya yang terkenal: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazareth?’ Kata-katanya inilah yang membuat Yesus memanggilnya dengan sebutan: “Israel sejati.

Ada satu ungkapan yang harus diketahui dari kisah Natanael, yaitu “Di bawah pohon aa”. Ini adalah ungkapan atau pribahasa dalam budaya Yahudi untuk mengungkapkan: “Orang yang membaca dan mempelajari Kitab Suci”. Natanael adalah pribadi yang baik dan suci; dia membaca dan mempelajari Kitab Suci dengan mendalam. Maka tidak heran bila Natanael langsung mengenali Yesus sebagai: “Engkaulah Anak Allah, Engkau Raja orang Israel”.

Satu janji Yesus kepada Natanael, yaitu: “Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar daripada itu.” Inilah janji Tuhan yang diberikan juga kepada setiap pribadi yang mau membaca dan mempelajari Kitab Suci dengan sepenuh hati, mempelajari jalan-jalan Allah dan mewartakannya kepada sesama: Melihat hal-hal yang lebih besar!

Tuhan Yesus, beri aku rahmat-Mu untuk memulai mencintai Kitab Suci, membacanya tanpa kenal lelah dan menghayatinya sepenuh hati, sehingga aku boleh melihat anugerah-Mu yang lebih besar dalam hidupku. Amin

=====

Sumber: Ziarah Batin 2016

Kredit:  Natanael, commons.wikimedia.org

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close