Urbi

10 Tips dari Para Pastor untuk Pengakuan yang Lebih Baik

BEBERAPA pastor punya pengalaman menarik ketika mendengarkan pengakuan. Setelah bertahun-tahun mendengarkan pengakaun, mereka lalu membagikan beberapa tips untuk pengakuan yang lebih baik.

Berikut ini kata beberapa pastor tentang pengakuan dosa:

1.Pastor Bryan Brooks, Tulsa, OK:

Dengan melakukan pemeriksaan batin kita dihadapkan dengan dosa-dosa kita, tetapi ketika kita menerima pengaku dosa,kita dihadapkan dengan Allah yang berbelas kasih dan penuh pengampunan.

2. Pastor  Sean Donovan, Pawhuska, OK:

Setelah mengatakan sudah berapa lama anda tidak mengaku sejak pengakuan terakhir, sampaikan kepada pastor tentang diri anda (Apakah anda masih lajang, pernah berkencan orang lain ataukah anda  menikah lagi?) Jika kami tahu situasi anda, ada baiknya kami memberikan nasihat kepada anda.

3. Pastor Gabriel Mosher, OP, Portland, OR:

Dosa adalah pilihan yang buruk, bukan emosi yang  tidak menyenangkan; jadi, beritahukan dosa-dosa anda, bukan emosi anda.

4. Pastor  Damian Ference, Wickliffe, Ohio:

Dosa yang dibuat adalah pelanggaran terhadap perintah Allah, tetapi mengaku dosa merupakan kidung bagi Allah. Jadi, ketika anda mengaku dosa kepada seorang imam dalam sakramen rekonsiliasi, anda tahu bahwa anda juga sedang  bernyanyi memuji Allah karena rahmat -Nya yang besar.

5. Pastor  Matthew Gossett, Steubenville, OH:

Seseorang yang mengaku secara teratur itu sangat meneguhkan bagi  imam dan baik bagi jiwanya sendiri! Dosa, terutama dosa yang mendalam, yang telah menjadi kebiasaan, membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Jangan pernah menyerah, tidak peduli berapa kali anda telah melakukan dosa yang sama … pengakuan adalah sakramen penyembuhan. Sama seperti luka fisik, luka spiritual membutuhkan waktu untuk sembuh sepenuhnya.

6. Pastor  James Martin, SJ, New York, NY:

Pengakuan itu bukan semata-mata tentang seberapa buruk anda, tetapi juga tentang bagaimana baiknya Tuhan terhadap dirimu.

7. Pastor Anthony Gerber, Cottleville, Missouri:

Pastor itu seperti seorang dokter: ketika anda pergi ke dokter, anda mengatakan padanya apa yang telah menyakiti anda dan dengan lebih atau kurang rinci sehingga dia tahu bagaimana cara terbaik untuk menyembuhkan anda . Dan ingat pula: ia telah melihat banyak pasien dengan gejala yang sama. Percaya padanya, mendengarkan nasihatnya, dan anda akan segera mendapatkan hasil yang lebih baik!

8. Pastor Joshua Whitfield, Dallas, TX:

Pergilah ke pengakuan, jangan pedulikan apa yang terjadi. Kasih Allah lebih kuat dari dosa-dosa kita.

9. Matthew Schneider, LC, Washington DC:

Bagi banyak orang, peningkatan terbesar dalam pengakuan adalah beralih pandangan dan melihat itu sebagai sebuah kewajiban untuk pembaharuan hubungan dengan Allah. Dan ini merupakan bonusnya!

10. Mark Menegatti, O.S.A:

Pengakuan itu bukan hanya tentang penghapusan dosa, tetapi lebih dari itu tentang perjumpaan diri anda dengan Kristus.

Apakah masih ada tips-tips lain dari anda yang bisa membantu  seseorang mengaku dosa secara lebih baik?***

======

Diterjemahkan dari aleteia.org

 

 

Tags

John L. Wujon

Staf Komisi KOMSOS KWI

Related Articles

Close