KWI

Makna Lambang Uskup Pidyarto, O.Carm.

LAMBANG uskup terbaru Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm., adalah perisai yang terdiri dari tiga bagian, dengan pola pembagian sesuai lambang Ordo Karmel -tarekat religius di mana ia bergabung pada 1981. Berikut penjelasannya:

  • Di bagian kiri atas berwarna merah, terdapat Kitab Suci, bidang peminatan beliau.
  • Di bagian kanan atas berwarna biru, adalah fleur-de-lis atau bunga lili (bunga bakung kuning keemasan). Bunga ini melambangkan Santa Perawan Maria, sosok yang ia sangat kasihi.
  • Di bagian tengah berwarna putih, adalah tugu kota Malang, tempat asal beliau sekaligus tempat ia melayani sekarang.
  • Di bagian atas perisai, ada sebuah salib berwarna kuning keemasan. Sedangkan, di atasnya lagi, ada sebuah galero atau topi khas klerus berwarna hijau, dilengkapi enam jumbai di tiap sisi. Ini menunjukkan identitas seorang uskup.
  • Di bagian bawah, ada sebuah pita kuning keemasan bertuliskan “Fideliter Praedicare Evangelium Christi” yang berarti “Dengan setia mewartakan Injil Kristus”. Inilah moto penggembalaan beliau sebagai uskup terhitung hari ini.

Mengutip Mgr. Antonio Guido Filipazzi, Duta Vatikan untuk Indonesia (NUNCIO) dalam salve agung  menjelang tahbisan, “Sesuai dengan bacaan hari ini, surat Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus, murid-murid adalah administrator misteri Allah. Mari juga kita doakan para uskup dan imam, agar tetap setia menjalankan misi tersebut.” Amen.

disadur dari buku Ibadat Agung Menjelang Tahbisan Uskup Malang Jumat, 2 September 2016

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close