KOMSOS KWI

Hasil Pelatihan Talkshow Radio Perdana Komsos KWI

PELATIHAN talkshow radio diadakan perdana dalam kerjasama Komisi Komsos KWI – Komsos KaPal (Keuskupan Agung Palembang) pada 12-13 September lalu. Bertempat di Paroki Sta. Maria Tak Bernoda – Tegal Rejo, Belitang, Oku Timur, pelatihan ini diikuti 20 aktivis paroki.

Dalam dua hari, peserta diajak Errol Jonathans selaku fasiltator untuk menguasai ilmu dasar jurnalistik radio dan talkshow.

Hasil akhir pelatihan adalah rekaman talkshow dari para peserta yang telah dibagi dalam kelompok. Mereka diberi tugas untuk merekam talkshow bersama narasumber imam.

Peserta punya kebebasan untuk menggali tema dan topik, begitu pula pertanyaan yang diajukan, sehingga rekaman berdurasi 15 menit.

Setelah perencanaan dan diskusi, peserta akan diwakili oleh seorang penyiar dan mulai proses rekaman. Dibantu oleh tim Komsos KaPal yang dipimpin oleh RP Frans de Sales, CSJ, lima kelompok ini ‘mulai siaran’.

Produk akhir akan didengar dan dievaluasi bersama oleh seluruh peserta pelatihan. Errol menyimpulkan, setidaknya ada beberapa orang yang sudah siap menjadi penyiar, khususnya untuk meneruskan tugas pewartaan lewat media audio ini.

Meskipun hanya dua hari, pelatihan ini menghasilkan produk yang layak siar. RP Paulus Sarmono, CSJ, selaku pastor kepala tempat acara berlangsung mengatakan, “Saya berharap dengan adanya pelatihan ini, setiap stasi dapat digilir untuk mengisi program sehingga semua kebagian dan dapat tidak monoton.”

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close