World Youth Day

“Om Swastiastu!”

SETELAH bunyi gong, ucapan ini dihaturkan kepada siapapun yang lewat di depan stand karya budaya OMK Denpasar. Pameran Kebudayaan IYD Manado 2016 yang diselenggarakan siang ini di kompleks Wisma Lorenzo, Lotta. Setiap kontingen diberi tempat untuk membuka stand, memperkenalkan budaya tempat asal mereka, bahkan berjualan cinderamata khas daerah masing-masing!

Dari salah satu blok, OMK Denpasar menjajakan pernak-pernik Pulau Dewata mulai dari baju barong, gelang, gantungan kunci, kipas, dll. Dibawa langsung dari Bali, hasil penjualan di stand dipakai untuk menutupi defisit dana kontingen Denpasar untuk ikut IYD 2016.

Cara mereka menarik pembeli adalah menggunakan beberapa barang yang dijual sebagai demonstrasi. Selain itu, beberapa OMK membuat dua pagar manusia: mempersilahkan mereka yang lewat untuk mampir ke stand Bali, membunyikan gong, lalu mengatakan dengan semangat, “Om Swastiastu!” Ucapan ini kurang lebih bermakna doa baik, berharap supaya orang terjaga dalam perlindungan Tuhan.

Pendatang stand kian meramai, begitu pula di stand Bali. Melihat kain-kain dan baju yang dipajang membawa kita ke dalam suasana kota pantai itu. Teriknya matahari Bali, segarnya udara pantai, hahh….. Om Swastiastu!

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

error: Content is protected !!
Close