Indonesian Youth Day

Themesong IYD 2016, Inspirasi Muncul Saat di Kamar Mandi

Kita semangat muda. Bersoraklah!! Jangan takut dan ragu tuk wartakan Sukacita Injil.Ayo…Ayo.. Jiwa Muda!” Demikian penggalan refrein lagu yang menjadi themesong IYD 2016 yang selalu menggema di setiap pelaksanaan kegiatan IYD sejak kedatangan kontingen hingga hari ini menjelang hari penutupan.

Lagu yang menggelegar dan membakar semangat Orang Muda Katolik se-Indonesia ini diciptakan oleh seorang komposer muda berbakat Anselmus Alan Primavera (20), OMK asal Keuskupan Tanjung Karang.

Anak muda berkacamata ini mengaku mendapat inspirasi untuk membuat lagu saat berada di kamar mandi. Ia biasa memutar lagu saat mandi. Dari situlah inspirasi itu datang.

“Ketika itu saya sedang mandi, lalu datanglah inspirasi. Saya bergumam, dan berpikir enak juga nih lagunya. Selesai mandi, saya masuk kamar dan ambil gitar. Lalu saya tulis lirik dan saya nyanyikan, terus rekam,”ujar Alan dengan logat Jawanya yang kental.

Penulis bersama pencipta lagu themesong IYD 2016 dan dua teman OMK lain
Penulis bersama pencipta lagu themesong IYD 2016 dan dua teman OMK lain

Rupanya Alan telah banyak menulis lagu. Meski tak mau disebut seniman tapi olehnya 15 lagu telah diciptakan. 5 di antara lagu rohani termasuk lagu “Sukacita Injil” themesong IYD 2016 yang membawanya menjadi pemenang.

“Saya belajar sendiri. Saya belajar musik karena iri,”ungkap mahasiswa Universitas Lampung ini saat berbincang dengan Mirifica.net, Rabu (4/10/2016). Sejak kecil, Alan selalu melihat sang ayah mengiringi pujian saat ibadah di rumahnya. Lalu sang ayah berkata, “kamu itu anak laki-laki. Olah raga nggak bisa, main musik nggak bisa,”ujar Alan menirukan ayahnya.

Pernyataan itu pun memicu Alan untuk mulai belajar sendiri. Saat itu ia masih kelas 5 SD, tapi ia sudah lihai bermain musik. Hingga akhirnya membentuk grup band saat SMA yang masih manggung hingga sekarang.

Tags

Retno Wulandari

Praktisi di bidang Public Relation, Tim Komsos KWI

Related Articles

error: Content is protected !!
Close