HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Selasa: 11 Oktober 2016, Luk. 11:37-41

LUK 11:37 Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan.

Luk 11:38 Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan.

Luk 11:39 Tetapi Tuhan berkata kepadanya: “Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan.

Luk 11:40 Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam?

Luk 11:41 Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.

Renungan

Yesus berhadapan dengan orang Farisi yang selalu meributkan aturan hukum Taurat yang harus dikerjakan tanpa ketinggalan sedikit pun. Mereka berpikir bahwa merekalah satu-satunya yang benar karena menaati aturan hukum tesebut. Dengan demikian, mereka menuntut orang lain supaya sama dengan mereka, yaitu harus menaati Turat juga. Mereka begitu mudah menilai sesamanya dari sudut pandang mereka semata, dan menerapkan alat ukur mutu manusia dari cara pandang mereka. Oleh karena itu, mereka akan menilai orang lain sebagai kurang baik atau kurang bermutu kalau tidak sejalan atau tidak sepandangan dengan cara hidup mereka. Mereka hanya membenarkan orang-orang yang sepaham dengan mereka dan hanya bisa menerima dan bekerja sama dengan orang-orang yang berada di lingkungan mereka. Orang semacam ini tidak pernah mau mentolerir keanekaragaman.  Mereka senang seragam: semua sama.

Fanatisme senantiasa menaburkan kebencian terhadap perbedaan. Tiada kebenaran atau pun kebaikan di luar ‘kelompaok’ mereka. Satu – satunya dan hanya satu yang dapat diterima oleh mereka yaitu diri  mereka sendiri.

Bapa, Engkau telah menciptakan seluruh alam semesta ini dengan beraenka ragam segalanya kautempatkan dalam tata ciptaan-Mu. Sungguh amat baiklah seluruh alam semesta ini: semoga aku semakin memahami kebijaksaan ilahi-Mu. Amin.

===========

Sumber: Ziarah Batin 2016

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close