KWI

Pekan Misi Nasional di Keuskupan Weetebula

Sumba MIRIFICA.News (21/10). Gereja Misioner, Saksi Kerahiman, demikian tema Pekan Misi Nasional 2016, yang berlangsung 18-23 Oktober di Keuskupan Weetebula. Menyongsong Pekan Misi Nasional ini, Mgr. Edmund Woga, CSsR, Uskup Weetebula, bersama Tim Pastoral Keuskupan telah menjadikan bulan Oktober sebagai Bulan Misi. Selama sebulan ini, banyak kegiatan dilaksanakan mulai dari tingkat Paroki sampai Keuskupan.

Adapun kegiatan yang diramu menyongsong pesta puncak bulan misi, yakni renungan bulan misi yang disatukan dengan doa rosario selama bulan Oktober. Ada pula perlombaan-perlombaan yang terjadi ditingkat Paroki, tingkat Dekenat sampai puncaknya di tingkat Keuskupan. Khusus untuk perlombaan tingkat Dekenat; pelaksanaan kegiataannya dijadwalkan dan dilksanakan bersama oleh panitia tingkat Keuskupan dan Dekenat. Adapun hal yang diperlombakan adalah lagu dan gerak, Pidato dan Cerdas Cermat Alkitab dengan kategori peserta Temu Minggu dan Sekami.

Dekenat Waingapu dilaksanakan di Paroki St. Hendrikus Melolo, tanggal 8 Oktober 2016, yang melibatkan hampir semua utusan paroki dalam wilayah Dekenat Waingapu, minus Paroki St. Maria Magdalena Nggongi. Adapun 5 paroki yang terlibat adalah Paroki Sang sabda Lewa, Paroki Maria Bunda Selalu Menolong Waingapu, Paroki Sang Penebus Wara, Paroki St. Hendrikus Melolo dan Paroki St. Andreas Ngalu.

Perlombaan tingkat Dekenat Weetebula terjadi 9 Oktober 2016. Bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) milik Paroki Katedral Roh Kudus, telah dilangsungkan perlombaan yang diikuti utusan dari 10 paroki dan 2 Quasi Paroki dalam wilayah Dekenat ini. Adapun Quasi dan Paroki di Dekenat Weetebula: Paroki Waimarama, Paroki Bondo Kodi, Paroki Homba karipit, Paroki Ande Ate, Paroki Tambolaka, Paroki Weekombak, Paroki Manola, Paroki Kalembuweri, Paroki Waimangura, Paroki Katedral Roh Kudus Weetebula, Quasi Paroki Kererobo dan Quasi Paroki Karuni.

Kegiatan yang sama dilangsungkan di Dekenat Waikabubak, tanggal 15 Oktober 2016. Pusat kegiatan dilangsungkan di Paroki Wanokasa, tempat dimana RD. Edy Reda dan RD. Micky No berkarya sebagai Pastor Paroki dan Pastor rekan.  Pesertanya adalah utusan dari Paroki Lendiwacu, Paroki Katiku Loku, Paroki Waikabubak, Paroki Tanamali, Paroki Elopada dan Paroki Palla.

Tingkat Keuskupan

Para pemenang lomba tingkat Dekenat, menjadi peserta yang mengambil bagian dalam perlombaan tingkat Keuskupan. Perlombaan tingkat Keuskupan dilaksanakan selama Pekan Misi Nasional yang saat ini sedang berlangsung.

Selain perlombaan, Pekan Misi Nasional juga diisi dengan aneka kegiatan antara lain retret bagi Pasangan Suami-Istri (Pasutri), Seminar yang terdiri dari 2 kelompok yakni Seminar Kesehatan khusus remaja dan Orang Muda dan Seminar untuk Orang Dewasa.

Seminar Pasutri diadakan 18-20 Oktober 2016 di Pusat Pastoral Anakalang. Yopi Tarore dan Team didaulat sebagai pendamping retret

Sedangkan Seminar diadakan pada hari yang sama 20 Oktober 2016. Seminar Kesehatan yang dibawakan oleh Tim KBKK berlangsung di Aula SMK Pancasila Tambolaka. Sementara Seminar Umum berlangsung di GSG Weetebula, dengan narasumber RD. Markus Widi Pranoto (Direktur Nasional KKI) beserta tim KKM KWI dan RD. Dr. Herman Punda Panda, Imam Diosesan Weetebua yang saat ini menjadi Dosen Fakultas Filsafat UNWIRA dan Preases Seminari Tinggi St. Mikhael Kupang.

Penulis: RD. Sil Stefano

Editor: RD. Kamilus Pantus

Kredit Foto: facebook Eddy Sianturi

Tags

RD. Kamilus Pantus

Imam diosesan (praja) Keuskupan Weetebula (Pulau Sumba, NTT); misiolog, lulusan Universitas Urbaniana Roma; berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI, Juli 2013-Juli 2019

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close