HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Sabtu: 10 Desember 2016, Mat. 17:10-13

MAT 17:10 Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: “Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?”

Mat 17:11 Jawab Yesus: “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu

Mat 17:12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka.”

Mat 17:13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

Renungan

Yesus kembali menunjukkan ketidakpedulian manusia kepada tawaran kasih Allah. Para murid sebagaimana juga orang Israel di zaman itu, mengetahui isi Kitab Suci dan terutama sabda mengenai Mesias. Namun, itu saja tidak menjamin keterbukaan dan kepekaan untuk mengenali kehadiran Mesias dan para pendahulu-Nya.

Para nabi datang dan terlewatkan begitu saja, bahkan mereka tak mempu mengenali bahwa para nabi itulah utusan yang datang dari Allah untk menyampaikan sabda Ilahi. Yohanes Pembaptis, sang pembuka jalan bagi Messias, tak dikenal dan didengarkan sementara ia mengajak semua manusia untuk menyiapkan diri bagi kedatangan sang Mesias. Orang Israel mendabakan Juru Selamat, tetapi ironisnya, mereka tidak mau membuka mata terhadap kehadiran utusan Allah yang menghantar mereka kepada Sang Mesias. Keterbukaan hati menjadi kata kunci.

anak-anak-membaca-surat-dilatari-suasana-menjelang-natal, foto: Dreamstime
Anak-anak membaca surat dilatari suasana-menjelang natal, Foto: Dreamstime

Masa Adven ini menjadi kesempatan berharga bagi kita untuk mengasah hati – batin kita agar lebih peduli dan terbuka bagi rahmat kasih Allah yang ditawarkan kepada kita dalam berbagai macam cara. Selanjutnya kita dapat menjadi saluran rahmat kasih-Nya bagi sesama kita. Dengan demikian, kita ikut aktif dalam melapangkan jalan bagi kedatangan Tuhan yang menyelamatkan dunia.

Tuhan Yesus, mampukanlah aku mengenal kasih-Mu dan berilah aku hati yang terbuka pada tawaran kasih-Mu yang menyelamatkan. Amin.

===========

Sumber: Ziarah Batin 2016

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close