KOMSOS KWI

6 Tujuan Membuat Renungan

MIRIFICA.NEWS, Pematang Siantar – Orang membuat tulisan renungan tentu punya tujuan. Seperti apa tujuan yang hendak dicapai melalui tulisan renungan?

Romo Agung Noegroho membeberkan 6 tujuan yang hendak dicapai dengan membuat tulisan renungan sebagai berikut:

  1. Mengisahkan menjelaskan memberi paparan tentang sutu perikop

Melelaui renungan, kita dapat menerangkan suatu pengalaman hidup berdasarkan perikop Kitab Suci. Ia mencontohkan, saat ini KOMSOS Keuskupan Agung Semarang sedang memproduksi satu film pendek didasarkan pada perikop Kitab Suci. Judul filmnya, “Mengapa Kamu Mencari Aku”, didasarkan pada perikop Injil tentang Yusuf dan Maria mencari Yesus (Bdk. Luk.1:39-45).

      2. Memberi peringatan, menasihati, menegur

Renungan itu bisa juga menjadi peringatan, menegur atau menasihati pembaca. Teks Kitab Suci seperti “Celakalah kamu hai orang-orang Farisi….”, tentu memberi inspirasi dan pesan berupa peringatan dan nasihat tertentu yang dapat dituangkan dalam tulisan renungan.

Lalu apa yang bisa kita katakan dengan situasi sekarang ini? Romo Agung mengatakan, suatu hari ia ditelpon oleh umat dan menanyakan kenapa  Indonesia sekarang ini koq pada demo dan rusuh segala. Waktu itu, ia hanya menjawab singkat, “karena orang baik lebih banyak diam”. Kepada umat yang bertanya, Romo Agung pun berpesan, :Nyalakan Sinarmu”.

  1. Menyemangati, memberi ketenangan, dan menguatkan,

Melalui tulisan renungan, pembaca dapat disemangati, dikuatkan.

  1. Memberikan orientasi dan jalan keluar

Renungan juga bisa memberi jalan keluar kepada pembaca yang sedang menghadapi kesulitan.

      5. Melontarkan gagasan baru

Bisa jadi saya dan anda membuat renungan itu melontarkan gagasan yang baru. Misal saja, saya dan suster sama-sama membaca satu teks “Perkawinan di Kana” Biasanya orang memberikan anggur yang baik lebih terlebih dahulu. Tetapi dari teks yang sama, kita tahun anggur yang disediakan Yesus selalu terakhir. Seperti itulah, ketika semakin usia bertambah, semakin orang itu menjadi lebih baik.

  1. Memberi inspirasi, dorongan untuk bertindak dengan nyata.

Renungan itu bisa memberikan inspirasi dan menggerakan orang untuk berbuat sesuatu.

6 tujuan membuat tulisan renungan disampaikan Romo Agung  pada kesempatan pelatihan menulis bagi para suster dari Kongregasi FJCM, Kamis (2/2/2017) di Pematang Siantar.

 

John L. Wujon

Staf Sekjen KWI. Mantan staf Komisi KOMSOS KWI (2015-1 Mei 2019?

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close