KOMSOS KWI

Suster FCJM Pematangsiantar Pelajari Kata-kata Sebagai Placebo

Pematangsiantar – KOMISI Komsos KWI mendatangi Sumatera Utara untuk kedua kalinya pada tahun ini. Setelah pelatihan public speaking dan jurnalistik di STP St. Bonaventura, Medan, giliran suster-suster FCJM di Pematangsiantar belajar mengenai menulis renungan. Sebanyak 30 suster yang tersebar di berbagai komunitas dan lokasi seraya berkumpul di provinsialat FCJM, Rumah Pertemuan Monteluco (RPM), Pematangsiantar.

Dimulai pagi ini, pelatihan yang berlangsung sampai besok ini difasilitasi oleh Jon Lesek, redaksi OBOR. Ini adalah pelatihan perdana yang difasilitasi pihak OBOR, sebagai dukungan nyata Komsos KWI kepada karya penerbit Katolik.

Sebagai pengantar, Jon menekankan kepada para suster bahwa kata-kata yang akan diucapkan, ditulis memiliki kekuatan. Persis seperti placebo, kata-kata mampu membawa pengaruh yang kuat buat banyak orang. Placebo adalah substansi yang biasa digunakan dalam dunia kedokteran untuk menyembuhkan orang. Pun, placebo berupa obat-obatan itu tidak punya efek sungguhan. Namun, bila pasien mengonsumsi placebo dengan pikiran “Ini adalah obat sungguhan”, maka pasien dapat sembuh dengan sendirinya.

Demikian pula kata-kata. Jon menegaskan, “Hati-hati! Tulisan sekarang ini sangat mudah dijangkau seluruh dunia. Sekali tweet, orang di penjuru dunia dapat membacanya.”

 

BACA JUGA:

Mengenal Seluk Beluk Kiprah Budi Sutedjo di Komsos KWI

Mengenal Seluk Beluk Kiprah Errol Jonathans di Komsos KWI

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close