HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Sabtu: 04 Februari 2017, Mrk. 6:30-34

MRK 6:30 Kemudian rasul-rasul itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan.

Mrk 6:31 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat.

Mrk 6:32 Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi.

Mrk 6:33 Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka.

Mrk 6:34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

Renungan

Bagai sang idola, Yesus dikerumuni banyak orang. Mereka tertarik dengan segala hal yang Yesus ajarkan dan kerjakan. Saking sibuknya, Yesus dan para murid  tidak bisa beristirahat. Lalu Yesus berkata kepada para murid-Nya. “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian dan beristirahatlah disana”.

Akan tetapi, orang banyak mengetahui ke mana Yesus dan para murid-Nya akan pergi. Mereka pun mengejar ke tempat yang hendak Yesus tuju. Dengan menapaki jalan darat, akhirnya mereka tiba lebih dahulu di tempat tujuan dan menunggu Yesus melintasi jalan laut.

Betapa kuat kerinduan dan semangat umat untuk berjumpa dengan Yesus. Mereka tidak peduli dengan jarak yang jauh atau tantangan fisik lainnya. Niat mereka hanya satu, yakni bertemu dengan Yesus. Iman mereka inilah yang membuat Yesus tergerak hati-Nya oleh belas kasihan. Ia menyembuhkan mereka dan mengajarkan banyak hal kepada mereka. Yesus melupakan niat pribadi-Nya untuk makan dan beristirahat. Iman kepada Kristus tidak pernah sia-sia, melainkan memberikan sukacita dan keselamatan.

Ya Yesus, kuatkanlah imanku dan semangatilah jiwaku untuk selalu mencari dan menemukan Engkau di tengah daya tarik tawaran duniawi ini. Amin.

==========

Sumber: Ziarah Batin 2017

Kredit Foto: Yesus mengajar orang banyak

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close