KOMSOS KWI

KMK Kupang Belajar Jurnalistik bersama Komsos KWI dan Majalah HIDUP

KUPANG – Pelatihan Jurnalistik bersama dengan Komsos KWI diadakan pertama kali bagi mahasiswa Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) STIKOM Uyelindo, Kupang, hari ini sampai besok (18/2).

Dihimpun dari beberapa KMK, pelatihan ini dihadiri sekitar 60 mahasiswa berbagai semester. Romo Hironimus, moderator KMK Keuskupan Agung Kupang, mengucapkan syukur dan kegembiraan untuk kerjasama perdana ini. “Silakan teman-teman mengikuti dengan serius, karena ini akan sangat berguna untuk kebutuhan nanti,” ujarnya.

Fasilitator pelatihan kali ini adalah Antonius Sumarjana, pemimpin perusahaan Majalah HIDUP dan pemimpin redaksi Cathkids.

Menulis yang baik dimulai dari berpikir,” tegas Anton. Pemikiran yang matang akan melahirkan proses menulis yang lebih mantap. Kemudian eksekusi, mengejewantahkan pikiran yang masih abstrak menjadi tulisan teratur. “Hanya satu cara untuk menulis, yaitu mulai menulis. Tidak ada cara lain,” ujar Anton.

“Yang perlu dipikiran adalah apa yang menarik untuk ditulis. Ketika saya menulis cerita pendek (misalnya), dapat dipikirkan dari segi yang jarang dieksplor seperti mengemas tulisan dalam kesaratan budaya lokal,” jelas Anton.

Hadir pula Pos Kupang yang meliput perhelatan acara ini.

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

error: Content is protected !!
Close