HarianJendela Alkitab

Siraman Rohani, Rabu 22 Februari 2017 (Matius 16: 13 – 19)

Engkau Adalah Petrus Di Atas Batu Karang Ini Aku Akan Mendirikan Jemaat-Ku!

 Saudara-saudari…

HARI ini kita merayakan Pesta Tahta Suci St. Petrus. Pesta ini berkaitan erat dengan pernyataan Yesus kepada Simon Petrus setelah Simon Petrus dengan penuh keyakinan dan benar menjawab pertanyaan Yesus Kristus: “Tetapi apa kata-mu, siapakah Aku ini?” Simon Petrus menjawab: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup.”Yesus mengakui bahwa jawaban Simon adalah benar. Ia diilhami oleh Roh Kudus dan mengikuti bisikan Roh Kudus. Sebagai hadiahnya, Yesus Kristus berkata kepadanya: “Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci kerajaan Surga, Apa yang kau-ikat di dunia akan terikat di surga dan apa yang kau lepas di dunia ini akan terlepas di surga.”Sesudah kepergian Yesus Ke Surga, Simon Petrus menjalani apa yang sudah ditugaskan oleh Yesus Kristus, yaitu memimpin para rasul dan jemaat Kristus.

Saudara-saudari…

Pesta Tahta Suci St Petrus hari ini bermaksud untuk menghormati St. Petrus, sebagai wakil Kristus dan gembala tertinggi Gereja yang mempunyai kuasa rohani atas segenap anggota Gereja dan semua Gereja setempat. Kuasa St. Petrus ini diberi langsung oleh Yesus Kristus sebelum kenaikanNya kesurga, kita baca di Yohanes 21: 15-19. St. Petrus sudah pergi dan kuasa itu diberikan kepada penggantinya yang kitasebut Paus. Pada perayaan hari ini kita mendoakan pengganti St. Petrus, yaitu Paus Fransiskus. Semoga semangat dan iman St. Petrus selalu membara dalam diri penggantinya sehingga apa yang disabdakan oleh Yesus Kristus selalu hidup sehingga pengganti St. Petrus yaitu Paus tetap teguh dalam iman dan selalu merangkul jemaat Kristus dengan penuh kasih. Pesta hari ini mengingatkan kita akan keterikatan dan persatuan kita dengan Bapa suci yaitu Paus sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik. Karena itu, sembari kita merayakan Pesta Tahta Suci St. Petrus hari ini, mungkin baik kalau kita bertanya diri: sebagai anggota Gereja Kristus, apakah kita selalu mendoakan pengganti Kristus, yaitu Bapa Suci? Apakah kita selalu memberi hormat kepadanya? Apakah kita mengikuti dan mentaati ajarannya? Apakah kita membaca dan merenungkan kotbah hariannya?

Saudara-saudari….

Kita sangat bersyukur karena Kristus sudah mengangkat dan mempercayai St. Simon Petrus untuk memimpin jemat-Nya di dunia ini. Santu Simon Petrus sudah pergi hidup bersama Kristus dalam surga, tetapi ia pun punya pengganti yang terus menjalankan tugas yang sama, yaitu menggembalakan jemaat Kristus di dunia ini.

Karena itu, marilah kita memohon Santu Petrus supaya selalu mendoakan para penggantinya dan kita semua, jemaat Kristus, yang masih berziarah di dunia ini. Semoga berkat doanya iman kita tetap kuat dan kita pun selalu semangat mewartakan Kabar Gembira Kristus kepada siapa saja yang belum mengenal Kristus atau imannya dikerdilkan oleh hal-hal duniawi.

Kita juga memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen.

 

Kredit Foto: Paus Fransiskus, Pengganti Petrus

Tags

Pastor Fredy Jehadin SVD

Misionaris SVD yang berkarya di Papua New Guinea. Bertugas sebagai pembina para frater SVD dan mengajar di Catholic Theological Institute di Bomana Port Moresby dan mengajar di Xavier Institute untuk para suster dan bruder yang mau menyiapkan diri untuk mengikrarkan kaul-kaul kekal, dan membantu mereka yang bekerja di lembaga pembinaan para religious di Papua New Guinea.

Related Articles

error: Content is protected !!
Close