HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Kamis: 02 Maret 2017, Luk. 9:22-25

LUK 9:22 Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.”

Luk 9:23 Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.

Luk 9:24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya.

Luk 9:25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Renungan

Musa mengajarkan kualitas yang dituntut dari bangsa Israel, yakni mengasihi Allah, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya. Semua itu penting agar  mereka hidup bahagia dan lanjut umurnya di tanah terjanji. Yesus menyempurnakan kualitas yang dituntut dari setiap murid-Nya, yakni menyangkal diri, memikul salib, dan mengikuti-Nya.

Secara sederhana, menyangkal diri berarti menginggalkan sifat egosentris dan lebih memperhatikan kepentingan bersama. Memikul salib berarti menyatukan suka-duka hidup pada salib Yesus. Di situ ada makna positif dari setiap penderitaan. Kedua hal itu hanya bisa dijalanakan  jika mau mengikuti Yesus (bdk. Yoh. 14:6).

Mari memaknai Prapaskah dengan belajar mengikuti cara hidup Yesus yang selalu memberi diri bagi sesama: kasih, kepedulian, solidaritas, dan keadilan. Inilah cara untuk menemukan jati diri kita sebagai citra Allah. Mari belajar dari  ziarah Iman Katolik yang diwarnai aneka kasih orang kudus yang memberikan hidupnya bagi sesama. Mereka belajar menjadi sama dengan Yesus yang tampak gagal dan dipermalukan di kayu salib, namun kini menjadi simbol kemenangan dan kasih bagi sesama.

Ya Tuhan, semoga sepenjang Prapaskah ini aku belajar dari-Mu untuk menjadi murid yang sejati. Semoga aku pun mampu membuktikan bahwa tiada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan hidupnya bagi sesama. Amin.

======

Sumber: Ziarah Batin 2017

Kredit Foto: Perayaan kaul kekal oleh sejumlah frater di Ledalero/http://provinsisvdende.weebly.com

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close