Musik yang Pas untuk Siaran Radio

0

MANADO – “Lagu seperti apa yang cocok untuk diperdengarkan ketika siaran?” tanya Errol Jonathans kepada peserta pelatihan radio Keuskupan Manado di Radio Montini, Kleak. Sebagai jawaban, Errol memberikan tes selera musik kepada 25 aktivis Komsos, KKI, dan tim radio Montini.

Peserta akan mendengarkan potongan 15 lagu yang sudah disediakan Errol. Mereka diminta mengisi formulir mengenai “Apakah saya tahu lagu ini?” dan “Apakah saya suka lagu ini?”. Setelah dikelompokkan menurut usia, lagu pun diputar.

Tes pun selesai, menampilkan hasil setiap kelompok yang beragam. “Dari semua, lagu yang nilainya paling tinggi adalah “Nikita – Janji-Mu seperti Fajar”. Berarti apa? Lagu ini yang paling bisa diterima semua jenjang usia pendengar,” kata Errol.

Sang fasilitator pelatihan melanjutkan, “Terkadang penyiar memutar lagu yang sesuai dengan seleranya, bukan selera pendengar. Maka itu, harus ada semacam survei atau riset untuk mengetahui selera pendengar secara keseluruhan agar pendengar tidak ‘kabur’,” ujar Errol.

Pelatihan dilanjutkan dengan rekaman program radio kelompok selanjutnya.

Share.

About Author

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Leave A Reply