Inti Pesan Paus untuk Hari Komsos

0

SEJAK 2014 Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyelenggarakan Hari Komunikasi Sosial secara nasional selama sepekan.

“Dikemas dalam satu pekan yang kami sebut sebagai Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN),”ujar Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI, RD Kamilus Pantus, di Wisma Unio Keuskupan Weetebula, Sumba, NTT, Jumat (24/3/2017).

Menurut Kamilus, KWI setiap tahun menunjuk keuskupan tertentu untuk merayakan PKSN secara nasional. “PKSN mendatang, pada 28 Mei, akan diselenggarakan di Keuskupan Purwokerto,”ujar Kamilus di hadapan siswa Seminari Menengah Sinar Buana, Weetebula.

Jangan Takut, Aku Besertamu: Komunikasikan Harapan dan Iman” merupakan tema atas refleksi dan pesan yang disampaikan Paus Fransiskus. “Untuk memahami alam pikiran Paus atau mengerti inti pesan ini, kita bisa pelajari lewat Kitab Suci yang menjadi acuannya, yakni Yesaya 43:5,”jelas Kamilus.

Yesaya mengungkapkan Sabda Allah yang meneguhkan yang menyatakan kehadiranNya setiap saat dalam hidup kita sebagai orang beriman.

“Kehadiran Yang Ilahi dalam hidup manusia ini menjadi kekuatan agar kita semakin berani menegakkan kebenaran iman, harapan dan kasih dalam hidup,”tegas Kamilus.

Di akhir paparannya, Kamilus mengajak para seminari berefleksi lewat sebuah film garapan Studio Audio Visual PUSKAT bersama Komsos KWI berjudul “Asa itu Ada.”

Ini adalah film yang menggambarkan masih adanya harapan akan keselamatan dan kedamaian di tengah situasi dunia yang mencekam bagi orang-orang yang percaya pada Tuhan.

Share.

About Author

Abdi Susanto

Pendiri Sesawi.Net dan Managing Editor di Liputan6.com

Comments are closed.