Gua Maria Buntu Burake, Wisata Religi Kabupaten Makale

0

GUA Maria Buntu Burake merupakan salah satu tempat ziarah rohani umat katolik yang berlokasi di Buntu Burake, Kelurahan Burake, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat ini mulai ramai dikunjungi para peziarah sejak 15 Agustus 2015. Dikelola oleh Gereja Katolik Stasi Yohanes Maria Vianney Burake Tallu Lolana, Paroki Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria, Makale.

Letaknya tidak jauh dari kawasan religi Bukit Kasih Buntu Burake. Sekitar 200 meter dari gua ini terdapat Patung Kristus memberkati yang tingginya mencapai 40 meter. Kini tempat ziarah ini mulai dibenahi, mulai dari pembukaan akses jalan dengan lebar 3 meter sepanjang 1.200 meter dari gedung Gereja Katolik Stasi Burake.

Pembukaan jalan menggunakan ekskavator telah menelan biaya Rp 160 juta. Biaya ini diperoleh dari swadaya umat paroki maupun sumbangan dari berbagai pihak. Tahun ini, Dewan Pastoral Paroki Makale bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja telah merampungkan desain kawasan lokasi ziarah. Lokasi Gua Maria ini merupakan tanah hibah dari keluarga Tongkonan Simbong. Kini Akta hibah telah diterbitkan oleh petugas PPAT Kecamatan Makale.

Untuk mencapai lokasi ziarah, pengunjung dapat menggunakan kendaraan baik roda empat maupun roda dua dengan jarak tempuh 4 km dari Kota Makale.

Kredit Foto: www.youtube.com

Share.

About Author

Adryanus Lalan Pasangka

Sekretaris Paroki Hati Tak Bernoda Santa Maria Makale-Toraja, Penyuluh Agama Keuskupan Agung Makassar

Leave A Reply