HarianJendela Alkitab

Siraman Rohani, Kamis: 06 April 2017 – Barangsiapa Menuruti Firman-Ku, Ia Tidak Akan Alami Maut Untuk Selama-Lamanya! (Yohanes 8: 51- 59)

isah Injil hari ini sungguh sangat menantang orang-orang Yahudi. Yesus yang masih sangat muda begitu berani menantang tua-tua agama Yahudi, orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. Dengan penuh keyakinan Dia berkata kepada mereka: “Barangsiapa yang menuruti Firman-Ku, ia tidak akan alami maut untuk selama-lamanya.”

Pertanyaan kita: Apa yang mendorong Yesus  berkata demikian?  Ada beberapa alasan:

  1. Yesus mengetahui dan mengenal Allah secara pribadi. Dia sangat yakin dan tahu dengan pasti apa konsekwensi dari ketaatan dan kesetiaan mengikuti Firman Tuhan, bahwa konsekwensi dari mengikuti firman Tuhan adalah kehidupan untuk selama-lamanya dan tidak akan mengalami maut untuk selama-lamanya.
  2. Yesus tahu dengan pasti tentang diri-Nya sendiri, bahwa hanya Dia-lah yang datang dari Allah. Dia datang ke dunia bukan karena kemauan dan kehendak-Nya sendiri, tetapi diutus oleh Bapa. Dia tahu dengan pasti apa kehendak Bapa-Nya. Hidup bersama Bapa sebelum turun ke dunia berarti sudah mengetahui dengan pasti apa yang terjadi di sana. Yesus tahu dengan pasti bahwa mereka yang berada dalam kerajaan surga tidak mengalami maut untuk selama-lamanya; mereka alami hidup abadi bersama Tuhan. Mereka-mereka itu adalah orang yang selalu taat pada perintah Tuhan dan dengan setia mengikuti firman Tuhan selama hidup di dunia ini.
  3. Yesus melihat diri-Nya sebagai saksi hidup tentang ketaatan. Dia sangat mentaati perintah Bapa-Nya. Hidup dan perbuatan-Nya selalu sejalan dengan kehendak Bapa. Hadiah dari ketaatan-Nya adalah Bapa memuliakan Dia. Karena itu, Dia yakinkan para pendengar bahwa kalau mereka selalu menghayati dan mengamalkan firman Tuhan dalam hidup maka mereka pun tidak akan alami maut untuk selama-lamanya.

Marilah saudara-saudari… Ikutilah apa yang dikatakan Yesus Kristus. Apa yang dikatakan-Nya dalah benar, karena Dia adalah kebenaran dan hidup.

Kita berdoa semoga Tuhan selalu membantu kita agar tekun dalam iman dan setia mengikuti perintah-Nya. Ketataatan dan ketesetiaan mengikuti Firman Tuhan akan mendatangkan kehidupan abadi bagi kita.

Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amen.

 

Kredit Foto:  Ilustrasi (Ist)

 

Tags

Pastor Fredy Jehadin SVD

Misionaris SVD yang berkarya di Papua New Guinea. Bertugas sebagai pembina para frater SVD dan mengajar di Catholic Theological Institute di Bomana Port Moresby dan mengajar di Xavier Institute untuk para suster dan bruder yang mau menyiapkan diri untuk mengikrarkan kaul-kaul kekal, dan membantu mereka yang bekerja di lembaga pembinaan para religious di Papua New Guinea.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close