INSPIRASI: Rahasia Sukses Dalam Berkomunikasi

0

Kuncinya terletak pada siapa menguasai siapa

Pembaca Mirifica.News yang terkasih,

Tahukah anda rahasia sukses seseorang dalam berkomunikasi? Bebeberapa pembaca tentu sudah mengetahuinya bahkan sering mempraktekannya di lingkungan kerja seperti lembaga-lembaga pemerintahan, sekolah dan perusahaan. Kepada  pembaca yang belum tahu, ini rahasianya!

“Rahasia sukses dalam berkomunikasi kuncinya terletak pada siapa menguasai siapa,” ujar Errol Jonathans, praktisi Komunikasi sekaligus Direktur  Radio “Suara Surabaya” kepada peserta Talk Show Radio dari Bengkulu, Keuskupan Agung Palembang, Minggu (23/4/2017).

Menurut Errol, rahasia seperti itu sering dipraktekan oleh para pemimpin di perusahaan, lembaga pendidikan dan lembaga pemerintahan ketika merekrut karyawan baru. Biasanya saat test wawancara, para pemimpin atau pewawancara melakukan apa yang disebut sebagai penguasaan psikologi orang yang diwawancarai. Dalam proses awal wawancara, mereka sering melakukan trik menatap tajam ke mata orang yang diwawancarai.

Errol menerangkan, ketika kepala orang yang diwawancarai sudah mulai miring ke kiri atau ke kanan, itu signal ia sudah tidak mampu menatap lagi mata pewawancara. “Secara psikologis, orang yang diwawancarai sedang dikuasai pewawancara, maka sebaiknya pewawancara tidak perlu lagi menatap mata orang yang wawancari. Nanti ia pasti gugup.”

Itulah rahasia sukses dalam berkomunikasi yang dapat kami bagikan kepada pembaca sekalian. Bagi pembaca yang sedang bersiap mengikuti test wawancara di lembaga manapun, pelajari baik-baik rahasia komunikasi tersebut.

 

Kredit Foto: Ilustrasi (Ist)

 

Share.

About Author

John L. Wujon

Staf Komisi KOMSOS KWI

Comments are closed.