Senam Olah Vokal Bagi Produksi Suara Diafragma

0

MIRIFICA.NEWS, GUNUNGSITOLI – Workshop Public Speaking bagi mahasiswa/i STP Dian Mandala, Gunungsitoli, Nias memasuki hari terakhir. Pagi ini, 50 peserta ini diajak Errol Jonathans untuk senam olah vokal. “Ini yang melatih kita memiliki suara dari pernapasan diafragma,” kata Errol.

Setelah menjelaskan tahap-tahapnya kemarin (11/5), sekarang saatnya mempraktikkan langsung. “Hati-hati untuk Anda yang punya darah rendah, karena bisa mengalami pusing,” Errol mengingatkan. Dengan suasana serius penuh tawa, beberapa peserta mulai terlihat pusing dan langsung lari ke toilet. Yang lainnya, tetap sehat mengikuti sampai selesai.

“Yang mulai merasa tidak enak, itu juga berarti Anda melakukannya dengan benar. Silakan stop sendiri bila mulai ada tanda (tidak enak). Bagaimana rasanya setelah senam olah vokal?” tanya Errol. Para peserta serentak berteriak karena lelah tapi sungguh menikmatinya, termasuk yang tidak enak badan tadi.

“Apa gunanya? Selain memperpanjang napas dan melenturkan tubuh, senam olah vokal ini melatih pernapasan menggunakan diafragma,” kata Errol. Setelah itu, peserta diajak praktik humming dan membaca teks dengan gaya berbicara lisan.

Share.

About Author

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Comments are closed.