Calon Pelayar Akrabkan Diri dengan Media

0

MIRIFICA.NEWS, CILACAP – Lebih dari 300 civitas Akademi Maritim Nusantara (AMN), Cilacap mengikuti Seminar Literasi Media yang merupakan bagian dari rangkaian Pekan Komunikasi Sosial Nasional Konferensi Waligereja Indonesia (PKSN KWI) 2017. Seminar sehari (24/5) ini dibawakan oleh Budi Sutedjo, Errol Jonathans, dan Prof. Eko Indrajit.

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom.,MM, membagikan pengertian mengenai pentingnya membaca dan menulis. “Kadang kala kita membaca apa yang kita ingin baca, tapi bukan apa yang penting untuk dibaca,” ujar Budi kepada para calon pelayar ini.

Selanjutnya, Drs. Errol Jonathans mengingatkan perlunya menyaring informasi sebelum dibagikan. “Siapa yang bisa mengatur informasi yang Anda bagikan? Ya, Anda sendiri!” tegas Errol. Direktur Radio Suara Surabaya tersebut lalu memperdengarkan cuplikan siaran Radio Suara Surabaya yang membantu mencegah aksi pencurian kendaraan bermotor.

Seminar diselingi oleh persembahan lagu dari Lisa A. Riyanto, bersama suaminya yang bermain keyboard, Prof. Eko Indrajit, M.Sc.. Dari alat musiknya, ia pindah memegang mic untuk berbicara tentang literasi media. Setelah edukasi singkat pentingnya untuk menjadi penyebar informasi baik: lewat hobi masing-masing, keunikan di lingkungan sekitar. Ia memberikan sejumlah pertanyaan survei untuk menguji tingkat literasi media para peserta seminar.

 

Share.

About Author

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Comments are closed.