Cerita di Balik ‘Theme Song’ PKSN ke-51

1

Tapakkan langkah kebaikanmu
Melintasi keragaman dunia
Bertongkatkan cinta kasih
Mengibarkan kedamaian

Kala dunia dirundung nestapa
Ditindas angkara dan kerakusan
Bawa terang dan kebaikan
Hidupkanlah kerukunan

Wartakan lah iman dan pengharapan
Di setiap lini hidup manusia
Agar Allah yang meraja
Menyatukan manusia

Syair lagu yang menjadi theme song Pekan Komunikasi Sosial Nasional ke-51 di Keuskupan Purwokerto 22-28 Mei ini berjudul ‘Jangan Takut’ ditulis oleh Ketua Komisi Komsos Keuskupan Agung Semarang Romo Noegroho Agoeng dan diaransemen empat suara oleh Didik Iswahyudi. Ini ketiga kalinya dia membuat syair lagu untuk tiga kali event PKSN.

“Syair ini menyatakan bahwa dalam keadaan apa pun kita mesti mewartakan kegembiraan dan kebaikan. Inspirasinya dari pesan Paus untuk hari komunikasi yang bertema ‘Jangan Takut Aku Besertamu Komunikasikan Hadapan dan Iman’” ujar Mogoeng, panggilan akrab pria asal Klaten ini.

Menurut Mogoeng, dunia kita saat ini sedang dikuasai kenestapaan, angkara murka, kebencian, perselisihan yang terasa sekali pada saat pilkada lalu. Dalam situasi seperti itu, kata Agoeng, kita harus membawa harapan, kegembiraan, dan sukacita.

Tidak sampai sejam Mogoeng membuat syair lagu yang kemudian langsung dikirim ke penyanyinya sekaligus pencipta lagu Justina Nila Herdiani.

“Nggak lama juga membuat syair ini menjadi lagu. Biasanya sih nggak sampai sehari. Tapi untuk lagu ini kadang-kadang mesti minta lagi tambahan sebaris untuk menyesuaikan dengan senandungnya,”ujar Justina yang juga pengajar vokal di Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta.

Share.

About Author

Abdi Susanto

Pendiri Sesawi.Net dan Managing Editor di Liputan6.com

1 Comment

  1. Yohanes Bima YB on

    Mohon bantuan kiranya boleh saya minta no kontak Rm Noegroho Agoeng. Terumakasih.